SIMP4TIK News - Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Nunukan Bidang Keagamaan dan Multikultural menggelar Doa Bersama Pemuda Lintas Agama dengan mengusung tema “Dengan Semangat Toleransi Antar Pemuda, Kita Wujudkan Nunukan yang Lebih Moderat dan Bermartabat” berlangsung di Ballroom Hotel Laura, Kamis malam (28/12).

Dalam sambutan Bupati Nunukan dalam hal ini disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan, Hasan Basri mengatakan kegiatan doa bersama ini sebagai wujud rasa syukur kita karena berhasil melalui tahun 2023 dengan baik. Doa malam ini sekaligus juga sebagai ungkapan permohonan dan harapan kepada Allah SWT, semoga tahun 2024 kehidupan ekonomi, politik dan sosial masyarakat di Kabupaten Nunukan semakin membaik.

Kondisi masyarakat di Perbatasan khususnya Kabupaten Nunukan begitu beragam, bahkan hampir semua suku bangsa dan agama ada. Meski demikian, selama ini masyarakat bisa hidup dengan rukun, damai  dan tidak saling mempertentangkan semua perbedaan tersebut. 

“Tidak lama lagi seluruh masyarakat di tanah air akan melaksanakan Pemilu serentak, harapan saya semoga pesta demokrasi tersebut bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan demokratis,” pungkas Hasan Basri.

Ketua DPD KNPI Nunukan, Anna Bela Morizcha menuturkan, terselenggaranya kegiatan ini berangkat dari suatu kesadaran bahwa secara fundamental mempercayai etitas tunggal yang kita semua bersumber padanya, dan doa-doa kita bermuara padanya.

“Kami ingin menegaskan prinsip pluralisme bahwa perbedaan adalah keniscayaan namun kebenaran tetaplah tunggal. Jika kita tak memahami bahwa perbedaan adalah hukum Tuhan maka kita tidak akan pernah bisa mengerti dan mempraktikkan toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkap Anna Bela.

Pada kegiatan doa bersama lintas agama, perwakilan dari tokoh pemuda dari setiap agama membacakan doa lintas agama dari enam agama yang ada di Kabupaten Nunukan, diantaranya agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom