Nunukan, SIMP4TIK - Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara bersama Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis serta pengisian kuesioner terkait keterbukaan informasi bertempat di ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (4/7/2024).

Mewakili Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Kepala Diskominfo Kaharuddin mengatakan, di lingkungan pemerintah memang ada pejabat - pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID yang memiliki tugas menjadi jembatan ketika terjadi miskomunikasi.

“Memang ada, namun belum semua pejabat PPID memahami regulasi serta mengerti batasan-batasan tentang kewenangan yang dimiliki, sehingga keberadaan PPID sering kali menjadi justru masalah tersendiri,” ujar Kaharuddin.

Selain itu, lanjut Kaharuddin, masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui bahwa di era keterbukaan informasi masa kini tidak semua informasi bisa diberikan, karena ada informasi yang bersifat rahasia.

“Saya sangat apresiasi kegiatan yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara, saya juga berharap bisa mengupgrade kapasitas para pejabat PPID di Kabupaten Nunukan,” ungkapnya lagi.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara Fajar Mentari menyampaikan bahwa tim Komisi Informasi hadir bersama tim IT untuk melakukan monitoring evaluasi untuk memberikan layanan informasi publik.

“Kita ingin menguji dan mengukur sejauh mana tingkat kepatuhan badan publik dalam memberikan standar layanan informasi publik. Jadi, kami tetap menguji dan mengawal sejauh mana PPID ini dalam memberikan layanan informasi publik,” ungkap Fajar.

Sementara itu, Wakil Ketua Niko Ruru dalam paparannya menyampaikan, maksud dan tujuan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik dilaksanakan untuk menilai kepatuhan badan publik dalam melaksanakan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dna peraturan dan pelaksanaannya.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom