Nunukan, SIMP4TIK -  Delegasi Sabah Ekonomi Development dan Investment Authority (SEDIA) melakukan kunjungan kerja lapangan didampingi oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait , Rabu (31/1/2024). 

Adapun tempat yang dikunjungi yaitu lokasi  pengembangan dan pengelolaan Marine Technopark Mansapa, daerah budidaya rumput laut di kampung nelayan, Kantor Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik dan Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN) Sebatik.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan Raden Iwan Kurniawan mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan mendampingi sekaligus menjelaskan kepada delegasi SEDIA terkait potensi apa saja yang bisa dijadikan bahan kerja sama antar daerah sabah dan kabupaten nunukan.

"Sesuai dengan tematik pihak SEDIA, kita memperlihatkan dan menjelaskan potensi apa saja yang bisa menjadi bahan kajian mereka untuk selanjutnya dijadikan kerjasama," Ujarnya.

Masih menurut Kaban Bappeda, dari hasil kunjungan lapangan ini pihak SEDIA sangat antusias dan memberikan respon yang positif dari setiap tempat yang dikunjungi maupun penjelasan yang diberikan.

Ia juga berharap dari kunjungan kerja ini kedepannya akan ada hubungan kerja sama yang baik diperbatasan sabah dan kabupaten nunukan.

Senada dengan itu, ketua delegasi SEDIA Iwan Hermawan Masrul menyatakan bahwa setelah melihat dan mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Nunukan pihaknya akan membahas bersama pemerintah Malaysia nantinya.

"Kajian ini akan kami bahas bersama kerajaan negeri atau pemerintah Malaysia. Apa saja yang bisa dijadikan kerja sama,"Jelasnya.

Diakui Iwan setelah melihat beberapa titik pembangunan ekonomi di kabupaten nunukan, potensi rumput laut  memberikan peluang usaha yang sangat besar. Ia berharap rumput laut ini bisa menjadi  bahan kerja sama nantinya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim