Nunukan, SIMP4TIK – Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah mengurangi sampah plastik ke laut, Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan akan berikan Bantuan Pelampung Rumput Laut bagi kelompok pembudidaya rumput laut di Kabupaten Nunukan.

Kepala Dinas Perikanan Suhadi, S.Hut, M.Si, mengatakan bantuan pelampung bagi petani rumput laut tujuannya untuk mengurangi laju sampah plastik yang selama ini ditimbulkan dari sampah botol palstik yang di gunakan oleh petani rumput laut sebagai pelampung.

“Bantuan pelampung yang akan kita berikan ini memiliki daya tahan yang lebih lama, dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama juga, paling tidak bisa mengurangi laju sampah botol pelastik, dari petani kita selama ini,” terangnya, Kamis (16/08/2024).

Selain itu, menurut Suhadi, Bidang Perikanan dan Perikanan Budidaya tahun 2024 ini juga akan memberikan bantuan operasional kepada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) dan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan meningkatkan operasional kerja para nelayan.

Seperti bahan alat penangkapan ikan ramah lingkungan, perahu dan perlengkapannya, serta bantuan sarana budidaya ikan air tawar (bibit ikan dan pakan).

“Bantuan-bantuan serupa setiap tahunnya selalu ada, ini terus kita lakukan untuk mendukung para nelayan agar dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan mereka. Bantuan ini nantinya diharapkan dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan penangkapan ikan,” imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom