SIMP4TIKNEWS, - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nunukan menyelenggarakan Diklat Jurnalis Desa pada Sabtu (7/9/24) di Desa Sei Manurung Kecamatan Sebatik.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas warga desa dibidang jurnalisme, khususnya dalam peliputan dan penulisan berita di tingkat desa.

Diklat ini dihadiri oleh warga desa Sei Manurung ketua ketua RT dan Kepala Desa Sei Manurung Sebatik. mereka antusias mempelajari dasar-dasar jurnalistik yang disampaikan oleh narasumber berkompeten dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nunukan.

Ketua Lakpesdam, Mustofa, S.Pd, menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali warga desa dengan kemampuan jurnalistik agar mereka dapat menyampaikan informasi yang akurat dan terkait kegiatan-kegiatan yang ada di desanya.

“Dengan keterampilan jurnalistik yang baik, warga desa bisa menjadi corong informasi yang akurat dan terpercaya di desanya masing-masing,” ujar Mustofa.

Sekretaris PWI Nunukan, Taufik, S.Ksi, M.I.Kom, turut hadir sebagai pemateri dalam diklat tersebut. Ia menyampaikan materi tentang dasar-dasar penulisan berita, dan penyebarluasan informasi secara massif di media sosial.

Taufik berharap pelatihan ini bisa menciptakan jurnalis-jurnalis desa yang mampu memproduksi berita dengan standar jurnalistik yang baik.

“Kami ingin warga desa memiliki kemampuan jurnalistik agar informasi dari desa mereka bisa diangkat ke publik dengan cara yang benar,” tutur Taufik.

Selain materi teoritis, peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik menulis berita dan melakukan simulasi penyebarluasan informasi di media sosial.

Hal ini bertujuan agar peserta lebih memahami bagaimana menyusun berita yang informatif dan menarik serta dapattersampaikan ke target audiens melalui media sosial.

Pelatihan ini mendapat apresiasi dari para peserta. Salah satu peserta, Arfiani, mengungkapkan bahwa ia kini lebih paham bagaimana cara menyampaikan informasi desa melalui media.

Acara Diklat Jurnalis Desa ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan dan diperluas ke desa-desa lain di Kabupaten Nunukan, sehingga semakin banyak warga desa yang memiliki kemampuan jurnalistik, dan mampu membantu perangkat desa menyebarluaskan informasi kegiatan desa.***

Teks/Foto : Taufik, S.KSi, M.IKom (Tim Publikasi SEKRETARIAT DPRD )

Editor : Taufik, S.KSi, M.IKom