Nunukan, SIMP4TIK – Sebanyak 59 regu dipastikan akan mengikuti lomba Senam Kreasi Daerah, yang di jadwalkan pada Minggu (04/08/2024).

Lomba senam kresasi daerah yang dilaksankan oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olah raga serta Pariwisata (Disbudparpora) Kabupaten Nunukan itu memperlombakan 2 senam kreasi daerah yaitu Senam Yameto dan Lukiwol dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan ke-25 tahun 2024.

Sekretaris Disbudparpora Kabupaten Nunukan, Sudirman mengatakan pada lomba ini setiap regu/tim bebas memilih senam yang ditampilkan dari 2 Senam Yameto dan atau Lukiwol.

“Yang sudah mendaftar mengikuti lomba senam kreasi sudah ada 59 peserta yang terdiari dari kategori SD 21 Regu, kategori SMP 25 Regu, SMA 5 Regu, dan kategori  Umum ada 8 regu, dimana 49 regu memilih senam Yamato dan 10 regu lainnya yukiwol,” terangnya, Jumat (02/08/2024).

Lanjut Sudirman kriteria penilaian yang dilakukan terdiri Ketentuan dan Teknik Gerak dengan poin 35 persen, Kreatifitas 25 persen, Kekompakan 25 persen, dan Penampilan Umum 15 persen.

“Masing-masing kreteria penilaian diantaranya mencakup Ketepatan Gerak dengan Irama Musik, formasi, Keserampakan Gerak dan kerapian dan kesesuian pakian serta aksesoris,” ujarnya.

Untuk Penentuan Juara, menurut Sudiman Juara diantaranya ditentukan berdasarkan akumulasi dari masing- masing nilai yang ditetapkan oleh Dewan Juri, Apabila terjadi nilai yang sama, maka dilihat nilai tehnik gerak, penghayatan gerak dengan irama.

“Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,dewan juri berasal dari disbudparpora dan ioski (ikatan olahrga senam kreasi indonesia) yang memiliki rasa,bertanggung jawab dan tidak berpihak pada masing-masing regu/tim yang mengikuti kompetisi,” imbuhnya

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS