SIMP4TIK News - MA AL-IKHLAS Nunukan akhirnya dinyatakan sebagai Juara 1 Tingkat Nasional pada Lomba Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman Kategori SMA Sederajat yang diselenggarakan oleh Badan POM Republik Indonesia, Kamis lalu di Gedung Merah Putih BP POM RI Jakarta (19/10).

Keberhasilan MA AL-IKHLAS ini ternyata tidak serta merta, karena harus melalui proses panjang sejak Tahun 2022 lalu. Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan, Miskia, menyampaikan bahwa pada Tahun 2022 lalu telah diadakan Pelatihan PJAS oleh Balai POM Tarakan yang diikuti oleh Pengelola Program Makan Minum Kabupaten Nunukan pada Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan bersama dengan jaringannya. Hasil dari pelatihan tersebut, tim Makan Minum di setiap wilayah menyusun strategi lanjutan dengan menentukan sekolah-sekolah yang akan menjadi binaan masing-masing Puskesmas bersama dengan Dinkes P2KB, lanjutnya.

Pada November Tahun 2022, telah diadakan Seleksi oleh Balai POM Tarakan terhadap 5 perwakilan Sekolah Dasar, 1 Sekolah Luar Biasa, 2 SMP Negeri, 1 SMA, dan 1 SMK. Saat itu MA Al IKHLAS Nunukan berhasil mendapatkan Sertifikat PJAS sebagai Juara 1 Tingkat Kabupaten Nunukan.

Kriteria yang perlu dipenuhi pun diakui oleh Miskia bukan hal yang gampang. Kriteria dimaksud antara lain tersedianya label pengawasan, keterlibatan Pemerintah Kabupaten dalam PJAS aman, kelengkapan perizinan, termasuk bagaimana keterlibatan sekolah dengan stakeholder dalam pengembangan jajanan anak yang sehat di lingkungan sekolah.

Namun hal ini tidak menjadi sulit, karena faktanya, dukungan dari sekolah dan hasil binaan tim dari Puskesmas Nunukan selama ini sangat baik. Dan bentuk kerja sama ini juga telah ditampakkan kepada Tim Verifikasi Balai POM Tarakan yang berkunjung pada bulan Mei 2023 lalu ke MA AL IKHLAS Nunukan, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Nunukan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, dan Kepala Bidang SDK Dinkes P2KB saat itu.

Dan hasil dari Tim Verifikasi itulah, akhirnya MA Al IKHLAS mewakili Kabupaten Nunukan dan sekaligus sebagai satu-satunya sekolah yang mewakili Kalimantan Utara di Tingkat Nasional pada Tahun 2023.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Dinkes P2KB saat mengetahui keberhasilan yang telah diperoleh ini. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Nunukan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala MA AL KHLAS Nunukan beserta seluruh jajaran dan siswanya. Semoga hal ini dapat terus dipertahankan dan dapat menjadi multiple positive effect bagi lembaga pendidikan lainnya ke depannya nanti," tutup Miskia.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah dan TIM PJAS MA Al-Ikhlas sangat bersyukur bisa  membawa nama Kalimantan Utara meraih Juara 1 pada lomba PJAS Aman Tingkat Nasional. Semua ini tidak luput dari Kerja Keras dan kerjasama yang baik oleh TIM PJAS MA Al Ikhlas.

"Kami Madrasah yang kecil dengan berbagai keterbatasan mampu bersaing dengan sekolah dan madrasah Negeri di berbagai daerah merupakan suatu kebanggan yang luar biasa. Kami telah melewati banyak tahap mulai dari persiapan awal, pembentukan TIM, menyusun program, pemilihan duta PJAS, dokumentasi, sosialisasi ke madrasah-madrasah, membuat inovasi, melengkapi administrasi, presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan yang langsung dinilai oleh juri Nasional," ujar Melisa.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom