Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Memperingati hari posyandu Nasional, Senin (29/04/2024).

Posyandu merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, yang merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan “dari, oleh, untuk dan bersama” masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan pendidikan, dan ekonomi dengan bertujuan memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) berawal pada tahun 1975 dimana departemen kesehatan Republik Indonesia menetapkan kebijakan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) yang merupakan bagian dari kesejahteraan umum seperti yang tercantum dalam UUD 1945. Pada tahun 1984 di keluarkan instruksi bersama antara menteri dalam negeri, yang mengintegrasikan berbagai kegiatan yang ada di masyarakat dalam satu wadah yang disebut dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Pada tahun 1990 terjadi perkembangan yang sangat luar biasa, yakni dengan keluarnya instruksi Mentri Dalam Negeri (Inmandagri) Nomor 9 tahun 1990 tentang peningkatan pembinaan mutu posyandu.

Melalui instruksi ini, seluruh kepala daerah ditugasnya untuk meningkatkan pengelolaan mutu posyandu. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa (LKD) Lembaga Adat Desa (LAD) Mengatur lebih lanjut tentang kelembangaan, kepengurusan dan tugas fungsi masing-masing jenis LKD. Pada pasal 7 disebutkan bahwa Pos Pelayanan Terpadu bertugas membantu kepala desa dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa.

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan berkomitmen melaksanakan transformasi kesehatan dengan transformasi layanan primer fokus untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan peningkatan dan penguatan promosi serta pencegahan bagi sasaran siklus kehidupan.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom