Sebatik Tengah, SIMP4TIK - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sebatik Tengah digelar di Aula Kantor Abdi Praja, Rabu (31/1). Kegiatan ini menjadi upaya strategis Pemerintah untuk meningkatkan produktivitas unggulan daerah dan daya saing sumber daya manusia di Kabupaten Nunukan. 

Dalam sambutannya, Camat Sebatik Tengah, Aris Nur, S.STP menggaris bawahi pentingnya acara ini sebagai landasan kuat untuk perencanaan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan.

"Musrenbang bukan hanya sebagai forum perencanaan pembangunan, tetapi juga sebagai momen untuk membangun konektivitas dan sinergitas antara struktur pemerintahan terkecil, yaitu desa, dengan pemerintah daerah, provinsi, dan pusat", tegasnya.

Secara tegas Aris Nur juga menekankan pula pentingnya kerjasama lintas sektor di tingkat Kecamatan dalam merumuskan perencanaan pembangunan sebagai upaya mencapai tujuan pembangunan yang holistik.

Semua usulan yang diajukan dalam Musrenbang berasal dari hasil Musrenbang Desa yang juga melibatkan lembaga pemerintahan dan instansi vertikal dari sektor pendidikan, kesehatan dan keamanan di Kecamatan Sebatik Tengah. 

Nantinya hasil Musrenbang ini akan dimasukkan kedalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan dilakukan proses verifikasi oleh tim untuk menjamin keabsahan dan kualitas usulan tersebut. Dengan demikian, Musrenbang diharapkan dapat menjadi wadah partisipatif yang inklusif, mencakup seluruh aspirasi masyarakat dan potensi wilayah.
Kegiatan Musrenbang kali ini dihadiri Anggota DPRD Propinsi Kalimantan Utara, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Nunukan, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Nunukan, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, Forkopimcam, Kepala Desa, Ketua BPD, Kepala SD/SMP/SMA, Kepala UPT serta Petugas Penyuluh dari berbagai OPD.

Dengan adanya Musrenbang RKPD Kecamatan Sebatik Tengah, diharapkan dapat merumuskan rencana pembangunan yang lebih tepat sasaran, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan mampu meningkatkan daya saing sumber daya manusia serta produktivitas unggulan daerah.

Teks/Foto : Muhammad Nursyahwal, A.Md.T (Tim Publikasi KECAMATAN SEBATIK TENGAH )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim