SIMP4TIK News - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Sakti Wahyu Trenggono beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nunukan, Kamis (30/3).

Tujuan kunjungan beliau untuk mengunjungi petani budidaya rumput laut yang berada di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan.
Tampak mendampingi, Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Bupati Nunukan, Wakil Bupati Nunukan, Wakil DPRD Provinsi Kalimantan Utara  dan Pimpinan OPD Kabupaten Nunukan.

Dalam kunjungannya beliau menyerap banyak aspirasi baik dari Pemerintah Kabupaten Nunukan dan juga petani rumput laut. Dikesempatan yang sama, Menteri Trenggono  beserta rombongan  melakukan panen rumput laut,  penyerahan bantuan kepada petani secara simbolis, juga melihat dan berdialog langsung bersama petani.

"Tujuan kami kesini adalah untuk melihat langsung salah satu kegiatan ekonomi yaitu rumput laut, ini adalah salah satu kampung yang harus menjadi salah satu modeling industri, dengan demikian nanti yang keluar dari sini bukan lagi raw material tetapi sudah menjadi material yang mempunyai nilai tambah," ujar Sakti.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari apa yang ia lihat dan dengarkan, produksi rumput laut di Tanjung Harapan sekitar 30 sampai 60 ton, yang satu tonnya bisa mencapai milyaran. Apabila itu berputar tiga kali saja sudah bisa mencapai triliun. Jika industrinya dikembangkan, produktivitas pasti akan lebih meningkat lagi.

Ia juga mengungkapkan selain rumput laut akan dibuat zona budidaya udang, bandeng dan kepiting yang harus ditingkatkan lagi menjadi industri modeling di Kabupaten Nunukan. (*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS