SIMP4TIK News - 41 Renja dari 67 usulan prioritas Kecamatan berhasil disepakati untuk dibawa ke Forum Perangkat Daerah pada Musrembang Kewilayahan Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan yang berlangsung Kamis (2/2).

Program prioritas itu berhasil disepakati setelah dibahas Bersama yang menghadirkan Kepala Perangkat Daerah sebagai nara sumber utama.

“Kehadiran Kepala Perangkat Daerah sebagai nara sumber memudahkan di dalam pengambilan keputusan, karena Perangkat Daerah adalah instansi teknis,” jelas Kepala Bappeda dan Litbang Drs R Iwan Kurniawan MAP.

Saat pembahasan usula,  Kepala Perangkat Daerah bisa menjelaskan rencana kerja yang dimaksud secara jelas dan langsung mengambil keputusan.

“Seperti beberapa usulan yang ditujukan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang beberapa usulan dari kecamatan diarahkan ke OPD yang lain menyesuaikan dengan kewenangan seperti Ke Dinas Perumahan, Dinas Pendidikan bahkan ke Balai Wilayah  Sungai Kementerian Pekerjaan Umum,” ungkapnya.

Untuk di ketahui usulan program prioritas yang disampaikan Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan terdiri atas  Kecamatan Nunukan 34 usulan  dan Kecamatan Nunukan Selatan 33 usulan.

Berdasarkan prioritas pembangunan usulan-usulan itu terbagi atas pemulihan ekonomi 9 usulan, peningkatan kualitas SDM 9 usulan, infrastruktur dasar 39 usulan, perlindungan sosial 3 usulan, mitigasi bencana 6 usulan dan lingkungan hidup 4 usulan.

Sebagian dari usulan yang disampaikan pada Musrembang Kewilayahan ini karena sudah masuk kegiatan perangkat daerah tahun 2023 dan program itu perlu perencanaan yang membutuhkan waktu lebih setahun. (*)