Nunukan, SIMP4TIK - Salah satu Ketua RT 18 kelurahan Nunukan timur ikut dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan pos pelayanan teknologi (Posyantek) yang di selenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (kemendes PDTT) melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) provinsi kaltara.

Kegiatan lomba teknologi tepat guna dan posyantek berprestasi tingkat Kalimantan Utara ini rencananya akan di laksanakan di 5 kabupaten/kota yang di mulai dari tanggal 18 sampai dengan tanggal 24 April 2024, adapun kegiatan yang di selenggarakan di nunukan bertempat di paras perbatasan, Jumat (19/04/2024).

Salah satu peserta yang ikut berpartisipasi adakah ketua RT 18 kelurahan Nunukan Timur Conding, berinisiatif membuat alat pembersih air ini karena melihat akhir - akhir ini di Kabupaten Nunukan mengalami krisis air bersih yang berkepanjangan, dari situlah banyak masyarakat menggunakan air bor yang ada di sekitar rumah.

"Tapi kendalanya air bor itu pasti keruh dan juga mengandung zat besi, dari situlah kami berinisiatif untuk membuat alat filter air atau penjernih melalui pipa tiga perempat ini, manfaatnya agar air bor yang awalnya keruh dan mengandung zat besi bisa menjadi bersih dan jernih agar bisa di konsumsi dengan baik dan sehat oleh warga masyarakat di sekitar RT 18 kelurahan Nunukan Timur," kata Conding.

Adapun bahan yang di gunakan sangat mudah di dapatkan karena bahannya yang ada di sekitar kita seperti pasir, batu kerikil, ijuk dan arang. 

Conding juga berharap semoga bisa menang dalam lomba TTG dan Posyantek yang di selenggarakan oleh PMD provinsi kaltara ini agar kedepannya apa yang telah di ciptakan dapat di kenal luas oleh khalayak ramai masyarakat Kabupaten Nunukan Khususnya Kalimantan Utara bahkan kalau bisa sampai ketingkat nasional.

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom