Nunukan, SIMP4TIK – Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan menggelar rapat persiapan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024, yang bertempat di ruang rapat lantai 2 Dinas Pendidikan. Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Tuwo, yang mewakili Asisten Pemerintahan dan Kesra. Hadir dalam rapat tersebut sejumlah perwakilan dari berbagai instansi terkait, termasuk dari Badan Kesbangpol, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Diskominfo, Bagian Pemerintahan, Prokopim, dan Umum Setkab, Jumat (27/09/2024).

Peringatan tahun ini akan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” sesuai dengan pedoman dari Kemendikbud, Riset, dan Teknologi RI. Upacara dijadwalkan berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Nunukan pada pukul 07.30 WITA, dengan peserta dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Kabupaten Nunukan.

Dalam rapat tersebut, Tuwo menjelaskan bahwa upacara akan melibatkan petugas dari kalangan srikandi-srikandi Dinas Pendidikan dan para guru. Mereka akan bertugas sebagai komandan upacara, pembaca teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan naskah Ikrar.

"Petugas upacara akan kami libatkan srikandi-srikandi dari Dinas Pendidikan dan guru-guru. Ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus peran aktif perempuan dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila," ujar Tuwo.

Rapat ini menjadi bagian penting dari persiapan peringatan nasional yang akan memperingati kekuatan dan semangat Pancasila sebagai dasar negara.

Teks/Foto : MURSAN SAKKA (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : MURSAN SAKKA