Nunukan, SIMP4TIK - Optimalkan pelayanan di terminal, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan melakukan pemeliharaan dan pengembangan terminal Bambangan, Sebatik.

Kepala Seksi Prasarana Perhubungan Bidang Darat pada Dishub Kabupaten Nunukan, Abdul Mukti, ST membenarkan pada tahun 2023 lalu, pihaknya telah melakukan pembenahan dan pembangunan di terminal Bambangan.

"Ada dua pekerjaan yang kami laksanakan yaitu, pemeliharaan atau rehab gedung terminal Bambangan di Sebatik, dan pengembangan terminal sisi lahan parkir atau pematangan dan penataan lahan parkirannya," terang Abdul Mukti, Kamis (18/1/2024).

Abdul Mukti, menyebut, dana yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 untuk masing-masing pekerjaan adalah senilai Rp170 juta lebih.

"Sehingga untuk 2 pekerjaan tersebut kurang lebih Rp340 jutaan lebih," ujarnya.

Selain itu, kata Abdul Mukti, juga ada perencanaan pembangunan terminal di Kecamatan Tulin Onsoi dengan total anggaran kurang lebih lima puluh juta rupiah.

"Total anggaran yang dialokasikan untuk terminal di Kabupaten Nunukan kurang lebih senilai Rp435 juta. Namun dalam item perencanaan juga ada pengawasan sehingga tidak semua anggaran untuk fisik, namun nilai total sudah termasuk secara keseluruhan," bebernya.

Menurut Abdul Mukti, terminal yang ada di Kabupaten Nunukan hanya ada dua yaitu terminal di Nunukan yang terletak di samping Kantor Lurah Nunukan Utara, dan yang ada di Bambangan.

Karena terminal di Nunukan belum di fungsikan, sehingga hanya terminal Bambangan yang direhab.

"Dulu terminal Nunukan pernah aktif, namun karena belum adanya penentuan trayek untuk angkutan umum, kondisi trayek juga berumur dan berkurang serta kepemilikan kendaraan pribadi yang mendominasi di Nunukan, faktor tersebut menyulitkan kita untuk mengoptimalkan dan mengoperasikan kendaraan umum di Nunukan," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS