Nunukan, SIMP4TIK- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui bidang Kesehatan masyarakat melaksanakan kegiatan Orientasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Bagi Petugas Puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni 4 sampai dengan 5 Mei 2024 di Ruang Pertemuan Hotel Neo Fortune, Nunukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kesmas, penanggungjawab program Dinkes P2KB sebanyak 6 orang dan penanggungjawab program UKS masing-masing Puskesmas 18 orang.

Kepala Bidang Kesmas, Hj. Nur Madia., S.KM., M.Kes menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dalam pelaksanaan pembinaan UKS di wilayah kerja masing-masing. Agar pertugas mampu memahami konsep, langkag-langkah, memahami perannya sebagau pelaksana pembinaan UKS di wilayahnya serta memahami indikator pelaksanaan program UKS.

Selain itu hal ini dilaksanakan juga untuk memenuhi amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 25 Tahun 2014 pasal 28 yang menyebutkan bahwa setiap anak usia sekolah dan remaja harus diberi pelayanan kesehatan agar setiap anak memiliki kemampuan berperilaku hidup bersih dan sehat serta keterampilan sosial yang baik, sehingga dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Selanjutnya, pelayanan kesehatan anak usia sekolah dan remaja dilakukan paling sedikit melalui usaha kesehatan anak sekolah (UKS) dan pelayanan kesehatan peduli remaja.serta pelayanan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan melibatkan guru Pembina UKS, guru bimbingan dan konseling, kader kesehatan sekolah dan konselor sebaya.

Orientasi ini dilaksanakan melalu metode pemaparan materi oleh Kepala Bidang Kesmas yang menekankan agar semua penanggung jawab program wajib memahami indikator program, melaporkan capaian program tepat waktu dan diharapkan puskesmas segera menanggapi feedback yang disampaikan oleh pemegang program Dinkes P2KB jika ada ketidaksesuaian data.

Acara yang berlangsung selama dua hari kedepan di koordinir oleh pemegang program Dinkes P2KB yang akan menyampaikan materi seperti Kebijakan Kesehatan Anak Usia Sekolah, Pembinaan dan pembiayaan sekolah/madrasah sehat, Indikator program USEKREM (Usia Sekolah dan Remaja), Skining Anemia dan pemberian TTD (tablet Tambah Darah) pada remaja, Pertumbuhan dan perkembangan remaja, Pelayanan kesehatan jiwa di sekolah, Paparan kegiatan UKS.

Selain petugas puskesmas mendapatkan materi di atas mereka juga menyampaikan Capaian indikator program USEKREM TW 1 tahun 2024 yang akan mereka sajikan dari puskesmas masing-masing.

 

 

 

 

 

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom