Nunukan, SIMP4TIK - Untuk pertama kalinya, pengurus  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nunukan secara resmi telah dilantik oleh Ketua PWI Kalimantan Utara Nicky Saputra Novianto di ruang rapat lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Senin (15/1/2024).

Menyaksikan secara langsung pelantikan tersebut, Bupati Laura mendukung serta memberi dorongan kepada pengurus PWI Kabupaten Nunukan untuk segera laksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar wartawan bisa sertifikasi. 

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, SE MM PhD dalam sambutannya menuturkan kehadiran PWI di Nunukan adalah momentum yang sangat baik untuk memastikan bahwa para wartawan yang dibawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan memegang teguh kode etik jurnalistik.

“Saya percaya pengurus PWI yang baru saja dilantik mampu membawa PWI Kabupaten Nunukan menjadi organisasi profesi yang maju dan profesional,” ungkap Laura.

Laura juga menambahkan, ditengah belantara informasi yang sedemikian riuh, PWI diharapkan menjadi kompas yang menunjukkan mana informasi yang benar dan mana yang tidak benar, informasi yang berbasis data dan fakta, sekedar ilusi dan opini.

“Saya berharap PWI dapat memberikan edukasi dan pembinaan kepada wartawan agar memahami undang-undang pers, untuk memberikan informasi yang cerdas, berkualitas, dan memberi manfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Laura, seperti laporan ketua PWI, sudah ada beberapa wartawan yang telah sertifikasi UKW Muda dan UKW Madya. Wartawan lain juga diharapkan agar segera melaksanakan UKW untuk disertifikasi.

“90 persen sudah sertifikasi, usahakan 10 persen nya juga segera. Jangan sampai yang tidak punya sertifikasi justru kritiknya paling kencang, dengan dilaksanakannya UKW ini dapat meningkatkan kualitas wartawan semakin baik,” tutup Laura.

 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom