SIMP4TIK News – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Nunukan, salah satunya adalah mengikuti Pawai Pembangunan, Sabtu (14/10).

Peserta pawai pembangunan dari DKUKMPP bukan hanya pegawai yang ada dalam lingkup dinas, tapi juga menghadirkan para pelaku binaan diantaranya para pengurus koperasi, pelaku UMKM, pelaku IKM dan komunitas pengguna Tol Laut. Teriknya matahari tidak menurunkan semangat peserta dalam mengikuti pawai, kerakraban dan persaudaraan semakin terjalin diantara para pelaku usaha  dan pegawai DKUKMPP.

Menariknya, sepanjang jalan selain berjoget dan menyanyi bersama, para pelaku juga membagikan produk yang mereka hasilkan kepada masyarakat yang menonton panitia dan polisi yang menjaga, juga pada saat start para pelaku menyerahkan bucket produk yang terdiri dari  beberapa produk  UKM/IKM kepada Ibu Bupati Nunukan dan terakhir di finish kepala DKUKMPP juga menyerahkan Bucket Produk kepada Wakil Bupati Nunukan dan mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Nunukan ke 24 tahun.

Salah satu Pelaku UMKM yang ikut berpartisipasi adalah owner Beppata, Nindawati mengatakan  “Saya mewakili para pelaku UMKM Nunukan mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Nunukan ke 24 Tahun, kami bersama teman pelaku lainnya sengaja menyiapakan paket produk yang kami hasilkan untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai tanda terima kasih atas bimbingan dan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Nunukan serta dukungan dari masyarakat Nunukan pada produk kuliner buatan Nunukan, sehingga kami semua  bisa terus eksis dalam dunia usaha kuliner, jaya UMKM Nunukan," ujarnya.

Kepala DKUKMPP Sabri ST.M.Si, mengatakan jumlah peserta pawai dari DKUKMPP dari tahun lalu lumayan banyak mencapai 100 orang, karena kami mengikut sertakan masing-masing 10 pelaku usaha binaan DKUKMPP, hal ini kami lakukan agar terjalin silahturahmi diantara pelaku usaha dan pegawai DKUKMPP.

Selain tema hari jadi 24 tahun ini yaitu "Kerja Bersama Untuk Nunukan Maju", DKUKMPP juga mengangkat sub tema sendiri yaitu “Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri Puas Pakai Produk Nunukan”.

Selain Pawai Pembangunan ada beberapa kegiatan yang juga telah diikuti oleh DKUKMPP yaitu membuka stand Pasar Murah di paras Perbatasan, Lomba Tumpeng dan Japin massal.  Setelah tiba di garis finish peserta  pawai DKUKMPP melanjutkan makan bersama  bersama para pelaku usaha di UKM Center Nunukan.

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom