Nunukan, SIMP4TIK - Mewakili Bupati Nunukan, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nunukan Masniadi membuka kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Nunukan Bach 1 di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Jumat (8/3/2024).

Pelatihan gelombang pertama ditahun 2024 ini diikuti oleh sekitar 80 orang yang dijadwalkan dimulai 1 Maret 2024. Adapun program pelatihan yang diajarkan yaitu, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Las, Teknik Listrik, Fashion Technology, Refrigeration.

Ketua panitia Ihsannudin menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi pengangguran pencari kerja supaya dapat diserap oleh industri yang ada, agar dapat berwirausaha, agar dapat meningkatkan  taraf hidup ekonomi keluarga,  meningkatkan keterampilan agar dapat mengelola usahanya secara profesional serta membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan.

Senada dengan itu, ditempat yang sama Masniadi mengatakan minimnya kesempatan kerja yang tersedia dibandingkan dengan jumlah pencari kerja menjadi salah satu pemicu tingginya tingkat pengangguran yang ada saat ini. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Nunukan melalui UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Distransnaker yang mulai dioperasikan terus berupaya semaksimal mungkin memenuhi ekspektasi dalam menanggulangi masalah pengangguran ini meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki BLK saat ini. 

"Kepada seluruh peserta manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik baiknya, teruslah menambah ilmu pengetahuan serta keterampilan saudara agar dapat berdiri diatas kaki sendiri, dan jadikanlah pelatihan ini sebagai modal dasar dari  pada kemandirian saudara agar mampu menciptakan peluang usaha baru bagi saudara dan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Masniadi berharap melalui program ini dapat menciptakan lapangan kerja dan pengembangan sumber daya manusia dalam upaya menciptakan tenaga kerja yang berkualitas, produktif, efisien, berjiwa wirausaha dan mandiri serta mempunyai daya saing.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom