Nunukan, SIMP4TIK - Pada Senin (29/07/2024) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nunukan mengadakan acara penutupan pelatihan berbasis kompetensi gelombang kedua untuk tiga kejuruan dari lima kejuruan yang ada yaitu Refrigeration (AC), TIK (design grafis) dan Garment/Menjahit (fashion).  Selanjutnya uji kompetensi pada dua jurusan yaitu TIK dan Garment akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Sedangkan jurusan Refrigeration (AC) telah melakukan ujikom pada 24-26 Juli lalu. Ujikom tersebut di ikuti 16 peserta dan dinyatakan lulus 100 persen.

Kepala BLK Nunukan Ihsanuddin menyampaikan pelatihan BLK Gelombang kedua ini telah dimulai sejak 10 Juni lalu dengan membuka pelatihan sebanyak 5 kejuruan dengan durasi yang berbeda tergantung metodologi masing-masing. Jurusan Refregeration 230 jp (30 hari kerja), TIK dan Garment 260 jp (35 hari kerja), Welding (las) dan Electrical (panel industri) 360 jp (45 hari kerja).

“Untuk saat ini masih tersisa pelatihan Welding dan Electrical yang akan berakhir di tanggal 9 Agustus mendatang dan diakhiri dengan ujikom selama 3 hari setelahnya,” terang Ihsanuddin.

Ihsanudin menambahkan, BLK Nunukan selanjutnya akan melaksanakan pelatihan melalui anggaran APBD yang dilaksanakan melalui Bidang Pelatihan dan Produktfitas Distransnaker rencananya di minggu kedua Agustus, sedangkan untuk pelatihan selanjutnya yang dilaksanakan BLK Nunukan dengan anggaran APBN akan dibuka di bulan September, dengan membuka empat kejuruan antara lain TIK, Garment, Welding dan Otomotif motor injeksi.

Teks/Foto : Dewi Asrieyani, S.IP (Tim Publikasi DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI )

Editor : Asa Zumara, SS