SIMP4TIK News - Serfianus SIP MSi selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan menutup kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKS) Angkatan VII Kelas Kabupaten Nunukan. Kegiatan ini bertempat di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (21/12).

Pelatihan yang dimulai sejak tanggal 21 Agustus 2023 ini diikuti oleh sebanyak 40 (Empat Puluh) orang peserta. Dengan pola pembelajaran Blended Learning (On Off Campus) dengan tahapan kegiatan yakni  registrasi, MOOD, E-Learning, Taking Ownership, Pembelajaran Klasikal I dan Studi Lapangan, Aksi Perubahan (Off Campus) dan Pelajaran Klasikal II. 

Para peserta telah merancang dan mengimplementasikan aksi perubahan di instansi masing-masing dengan melibatkan atasan, bawahan serta stakeholder terkait. Hasil implementasi telah di launching dan dipresentasikan di hadapan penguji, pembimbing dan mentor. Aksi perubahan tersebut merupakan aktualisasi kompetensi peserta sebagai pemimpin perubahan di instansinya. 

Serfianus menyampaikan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti dan menyelesaikan pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh, menyelesaikan pendidikan dan membentuk diri menjadi pejabat Administrator yang profesional dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan yang nantinya akan bertugas dan mengabdi ditempat masing-masing. 

"Semoga Aksi Perubahan yang dilakukan oleh peserta bisa dilaksanakan dan dikembangkan lebih baik lagi sehingga bisa bermanfaat untuk kemudahan pekerjaan disemua instansi pemerintahan, " ujarnya. 

Ditempat yang sama, kepala BKPSDM Kalimantan Utara Mohammad Ishak mengatakan, untuk mempersiapkan ASN yang kompeten dalam melaksanakan tugas dibutuhkan pelatihan untuk mengimplementasikan nilai-nilai bela negara dalam kepemimpinan dan dapat mengaktualisasikan aksi perubahan dalam meningkatkan pelayanan publik. 

"Untuk mempersiapkan ASN yang kompeten dalam melaksanakan tugas dibutuhkan pelatihan untuk mengimplementasikan nilai-nilai bela negara dalam kepemimpinan dan dapat mengaktualisasikan aksi perubahan dalam meningkatkan pelayanan publik," imbuhnya.

Sesuai dengan hasil evaluasi dari 40 peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator, seluruhnya dinyatakan Lulus. Rinciannya 13 orang sangat memuaskan dan 27 orang memuaskan. Dari keseluruhan peserta diambil tiga orang untuk mendapatkan predikat terbaik. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS