Nunukan, SIMP4TIK - Sekretaris Daerah Serfianus menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XV Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Kelas Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024 bertempat di Aula BKPSDM, Kamis (13/6/2024).

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas yang berjumlah sebanyak 40 orang tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Badan  Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kalimantan Utara  Muhammad ishak.

Ishak menyampaikan dalam upaya mewujudkan serta mempercepat visi Provinsi Kaltara, yaitu terwujudnya Provinsi Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera, serta misi mewujudkan sistem pemerintahan provinsi yang ditopang oleh tata pemerintah Kabupaten/Kota sebagai pilar  sebagai pilar utama secara profesional, efesien, efektif dan fokus pada sistem penganggaran berbasis kinerja, tentunya dibutuhkan para pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrasi yang berintegritas, kompeten dan berdaya saing. 

"Saya berharap para peserta pelatihan kepemimpinan ini dapat menjadi pemimpin- pemimpin yang tidak hanya kaya akan intelektual, keterampilan latar belakang pendidikan, tetapi juga dapat menjadi pemimpin yang selalu mewujudkan program dan aksi nyata dengan terjun kelapangan  yang berdampak langsung pada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Serfianus mengatakan birokrasi adalah penggerak utama dalam pembangunan nasional. Sukses tidaknya pemerintahan, akan sangat tergantung dari seberapa efektifnya perangkat birokrasi dalam bekerja melayani masyarakat. 

Menurut Serfianus, para pejabat dan pemimpin dalam sebuah birokrasi harus diberikan pendidikan dan pelatihan secara berjenjang. 
Jangan sampai ada pejabat yang tidak tahu apa yang harus dilakukannya, tidak mengerti dimana batas - batas kewenangan yang dimilikinya, dan tidak berani mengambil keputusan dan risiko padahal itu menyangkut tanggung jawabnya.

"Saya berharap agar pelatihan kepemimpinan benar-benar dimanfaatkan untuk menambah wawasan, meningkatkan skill, serta mendongkrak mental dan semangat," imbuhnya. 

 

 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom