SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) melaksanakan pelatihan Pengelolaan Imunisasi selama empat hari pada 30 November sampai dengan 3 Desember 2023 di ruang pertemuan Puskesmas Nunukan dan Surveilans PD3I (penyakit yang di sebabkan oleh virus dan bakteri) bagi petugas surveilans di puskesmas Nunukan dilaksanakan selama tujuh hari pada tanggal 30 November sampai dengan 6 Desember 2023 di Hotel Neo Fortune Kabupqten Nunukan. Peserta Pada Kegiatan ini sebanyak 20 peserta dari 10 Puskesmas.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta mampu dalam mengelola program imunisasi dan surveilans penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3I) di Puskesmas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kompetensi yang di harapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menjelaskan penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3I), menjelaskan konsep dasar surveilans epideomologi, menjelaskan program imunisasi, melakukan surveilans Accute Flaccid Paralysis (AFP), melakukan surveilans Campak-Rubella, Melakukan Surveilans Difteri, Melakukan Surveilans Tetanus Neonatorum, Melakukan Surveilans Pertusis, Melakukan Komunikasi risiko.

Dalam kegiatan ini peserta mampu untuk mengaplikasikan ilmu dan memberikan  pelayanan kesehatan dengan pendekatan keluarga di Puskesmas, untuk melakukan pelayanan kesehatan Pelaksanaan surveilans PD3I tidak terlepas dari ketersediaan petugas yang memiliki kemampuan melakukan surveilans PD3I.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi petugas adalah melalui pelatihan surveilans PD3I. agar pelatihan dapat menghasilkan petugas surveilans yang kompeten, maka dibutuhkan penyelenggaraan pelatihan surveilans PD3I yang terakreditasi dengan kurikulum pelatihan yang terstandar, dengan melakukan pendekatan keluarga di Puskesmas.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom