SIMP4TIK News - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) dan BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur serta fasilitas Kesehatan Se - Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan pelayanan sejuta akseptor. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang ke - 30 dengan tema "Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju".

Pelayanan sejuta akseptor merupakan salah satu upaya pencegahan dan penurunan stunting melalui pengaturan jarak kehamilan dengan ber KB, sehingga diharapkan setiap keluarga dapat memberikan perhatian dan perawatan secara maksimal kepada anak yang telah direncanakan kelahirannya. Berdasarkan data SSGI tahun 2022 angka stunting di Kabupaten Nunukan masih cukup tinggi yaitu 30,5% .

Kegiatan Pelayanan sejuta akseptor dilaksanakan secara serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Nunukan pada Rabu.(14/6). Pelayanan dilakukan di fasilitas kesehatan dan bidan praktek swasta. Pelayanan  KB yang diberikan mencakup semua jenis kontrasepsi dan menargetkan pencapaian peserta baru dari Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) khususnya Implant dan Intra Uterine Device (IUD).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB, Hj.Miskia,S.Si.,Apt.,MM mendukung penuh kegiatan ini "Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Nunukan dan bisa membantu menurunkan angka stunting di Kabupaten Nunukan," ujarnya.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom