SIMP4TIK News - Kasi Bantuan Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Nunukan Aristra Pratama Sanmigo menyebut, sebanyak 209 evakuasi yang berhasil dilakukan oleh petugas PMK ditahun 2022.

Tidak hanya melakukan pencegahan, pengendalian, pemadam, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya dan beracun kebakaran.

Pihaknya juga melakukan evakuasi seperti binatang, hewan, serangga dan lainnya.

"Pada laporan evakuasi tahun 2022 tercatat ada 9 jenis evakuasi yang dilakukan, seperti Buaya, tawon, anjing, pohon tumbang, tokek, melepas cincin, biawak, dan kebakaran," terang Aristra Pratama, Senin (22/5}.

Lanjut Aristra Pratama, evakuasi terbanyak ada di Nunukan sebanyak 133, kemudian di Sebatik sebanyak 74 dan Tulin Onsoi 2.

Adapun rincian yang dievakuasi adalah Buya sebanyak 4 ekor,  Tawon  sebanyak 68, ular sebanyak 104 ekor, Biawak 16 ekor , anjing 2 ekor, pemadaman kebakaran 2 kali, melepas cincin sebanyak 4 kali, Tokek 1 ekor, pohon tumbang sebanyak 8.

"Untuk jenis Buaya, ular, biawak, tawon, tokek setelah dievakuasi, kemudian dilepasliarkan dikawasan yang jauh dari pemukiman warga," ujar Aristra.

Hal tersebut, menurut Aristra, merupakan bagian dari tugas damkar yang bekerja untuk melayani masyarakat yang membutuhan pertolongan. (*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim