Nunukan, SIMPATIK- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) berpartipasi dalam Tim Penilai Internal (TPI) penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Nunukan tahun 2024. Statistik sektoral merupakan statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tugas pokok suatu instansi.

TPI merupakan tim yang dibentuk oleh Kepala Daerah dan dikoordinasikan oleh Sekretaris Pemerintah Daerah yang di Ketuai oleh Kepala Dinas Kominfotik dan Persandian serta beranggotakan perwakilan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pada tahun 2024 ini OPD yang mewakili adalah Dinkes P2KB dan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Nunukan.

TPI ini bertugas mengumpulkan bukti dukung, menilai tingkat kematangan serta memberi penjelasan atas setiap indikator penyelenggaraan statistik sektoral yang dinilai.

Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral. Struktur penilaian terdiri dari 5 domain dan 38 indikator.

Hasil dari EPSS adalah nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menggambarkan tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Seluruh proses penilaian dan monitoring diinput pada aplikasi Simbatik (Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Statistik).

Nilai IPS Kabupaten Nunukan yang diperoleh nantinya merupakan ukuran output dan outcome tingkat keberhasilan penyelenggaraan statistik sektoral, ini yang akan menjadi baseline bagi BPS (Badan Pusat Statistik) selaku pembina data untuk mengetahui sejauh mana capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral di Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan. Hasil penilaian IPS akan digunakan sebagai salah satu hasil dan output yang diharapkan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Teks/Foto : Feri Styaningsih, S.KM (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom