SIMP4TIK News - Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Nunukan menggelar Kegiatan Pembinaan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar bertempat di Aula Kantor Camat Lumbis, Rabu (1/11).

Kegiatan pembinaan dibuka oleh Sekretaris Camat yang diikuti sebanyak 35 orang peserta pelaku usaha ekonomi kreatif yang merupakan delegasi masing-masing kecamatan Kabudaya.

Ruthenny SH, dalam sambutannya menyebut pengembangan SDM ekonomi kreatif adalah sektor yang harus terus diperhatikan dan dipacu perkembangannya untuk ditindaklanjuti dalam merespons perkembangan laju teknologi terutama promosi melalui media sosial. Pesatnya perkembangan promosi melalui media sosial menyebabkan banyaknya pelaku usaha ekonomi kreatif yang muncul sehingga persaingan semakin ketat.

"Untuk itu apa yang dilakukan oleh Disbudporapar melalui Bidang Pemasaran dan Kemitraan Ekraf hari ini adalah salah satu jawaban atas upaya bentuk perhatian bagi pelaku usaha Ekraf dalam meningkatkan kompetensi dari SDM ekonomi kreatif di wilayah Kabudaya," pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran dan Kemitraan Ekraf Rukman menguraikan, peran pendampingan dan pembinaan pengembangan kompetensi kepada SDM pariwisata dan ekraf merupakan salah satu upaya untuk menjadikan pelaku usaha kabupaten Nunukan yang produktif, Inovatif, maju dan berdaya saing. 

"Disbudporapar melalui bidang ekraf akan selalu berupaya untuk mendorong peningkatan dan mendukung dalam pengembangan SDM Pariwisata dan ekraf. Semoga melalui kegiatan pembinaan kali ini akan menjadi langkah awal dan kesempatan kita untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang merata di Kabupaten Nunukan," terang Rukman.
 
"Kami sangat berharap melalui kegiatan pembinaan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar dapat bermanfaat. Apa yang disampaikan oleh narasumber bisa sepenuhnya diserap dan di adopsi pelaku usaha industri pariwisata dan ekraf yang mengikuti kegiatan ini," tambahnya.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Genpi Rici Sugianto, SP selaku Narasumber, Kabid Pemasaran dan Kemitraan Ekonomi Kreatif Ir. Rukman dan Staf Kantor Camat Lumbis.

Teks/Foto : SAHAR, SST.Mar, M.I.Kom (Tim Publikasi DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom