SIMPATIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM PhD membuka secara resmi Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan Tahun 2023, dikantor BKD Nunukan, Rabu (10/5).

Ujian ini akan cukup menentukan bagi peningkatan jenjang karir  ASN karena bila lulus dari ujian Dinas ini ASN khususnya PNS akan naik pangkat baik karena penyesuaian ijazah maupun karena kenaikan pangkat. 

"Pelatihan Diklat maupun ujian-ujian kompetensi merupakan satu hal yang harus terus menerus dilakukan oleh setiap ASN sehingga dalam jangka panjang karir dan kepangkatannya juga akan terus mengalami peningkatan dan dengan cara itulah tingkat kesejahteraan para ASN secara bertahap juga bisa ditingkatkan," harapnya. 

Tantangan pengambangan karir PNS dewasa ini kata Laura, PNS di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sudah harus bisa memanfaatkan teknologi digital Melalui Ujian Dinas ini yang nantinya akan naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi, ada yang naik golongan IV atau Pembina, ada yang ke golongan III atau Penata Muda dan ada yang ke golongan II atau Pengatur. 

"Kenaikan pangkat ini bukan hanya berimplikasi terhadap penambahan gaji atau penghasilan PNS tetapi juga selaras dengan peningkatan tanggung jawab sehingga penguasaan teknologi informasi itu sangat penting dewasa ini,"  katanya. 

Sebagai rujukan atas perlunya penguasaan teknologi informasi ini, Laura mengatakan, dalam Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan pangkat ini sudah menggunakan Computer Asesment Test atau CAT. 

"Artinya peserta untuk bisa maksimal di dalam menjawab soal-soal yang ada dalam sistem, tentu wajib bisa mengoperasikan komputer, jadi seluruh peserta harus bisa tentu perlu belajar lebih dahulu tentang penggunaan komputer," tambahnya. 

Mengakhiri sambutannya, Bupati membacakan dua pantun yang disambut peserta dengan kata cakep. Pembacaan pantun ini tak pelak membuat suasana ruangan diwarnai dengan syuman dan tepuk tangan.(*) 

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS