Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nunukan mendorong, pemanfaatan Gedung Christian Center (CC) melalui Badan Pengelola Christian Center (BPCC) Kabupaten Nunukan. 

Ketua Harian BPCC, Yance Tambaru, mengatakan sesuai hasil pertemuan BPCC dengan Pemda yang di dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S IP MSi turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Bappeda dan Litbang, Kepala BPKAD, Kepala DPUPR, Inspektorat dan Kabag Kesra, yang dilaksankan diruang kerja sekda.

Pada pertemuan tersebut, BPCC Kabupaten Nunukan yang sudah terbentuk berdasarkan SK Bupati Nomor 185.45/655/XI/2023, tanggal 20 November 2023, melakukan presentasi penggunaan Gedung Christian Center.

"Kita mempresentasikan, agenda rencana kegiatan, rencana kerjasama pemanfaatan gedung, menyampaikan kondisi gedung serta bahan masukan kepada pemda," terang Yance Tambaru, Selasa (23/1/2024).

Menurut Yance Tambaru, Pemda mengharapkan pengurus CC dapat segera mengupayakan untuk melaksanakan program kegiatan untuk pemanfaatan Gedung CC, sesuai informasi dari inspektorat bahwa yang perlu dilakukan sekarang adalah bagaimana memanfaatkan bangunan tersebut, karena telah menjadi atensi KPK.

Karena aset tanah dan bangunan CC adalah milik pemerintah daerah, untuk pengelolaannya diserahkan kepada pengurus CC.

"BPCC seperti yang sudah diprogramkan untuk tahun 2024 ini, akan melakukan kerja bakti, pemanfaatan bangunan CC untuk kegiatan ibadah, ret-reat, kegiatan peribadahan ASN Kristen setiap bulan, dan kegiatan keagamaan lainnya. Untuk kebersihan area lingkungan CC nanti akan berkoordinasi dengan DLH," ujarnya.

Yance Tambaru menyebutkan, di CC sumur bor sudah dapat dimanfaatkan, sementara untuk pasokan listrik, dalam waktu dekat dipastikan ada pemasangan tiang listrik menuju gedung CC dan meteran oleh PLN.

"Air dan Listrik dananya telah diserahkan Pemda melalui Dinas PU kepada PT. PLN," jelasnya.

Selain itu, kata Yance Tambaru tahun 2024 ini, pemda juga mengalokasikan anggaran tahun, melalui Dinas PU dengan anggaran sebesar Rp950 Juta.

"Dalam rapat disampaikan oleh dinas PU, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan bangunan Kapel, pemasangan paving blok dan pengadaan kursi untuk ibadah. Sementara anggaran perbaikan atap bangunan CC belum mendapatkan alokasi," imbuhnya.

Mewakili BPCC dalam persentase tersebut selain Ketua Harian BPCC Yance Tambaru, hadir Sekretaris BPCC Beni Patisadia,  koordinator bidang perizinan dan pemanfaatan Gedung, April Tibian, dan Koordinator bidang pengembangan usaha, Heberli.

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom