Sebatik Barat, SIMP4TIK - Pemerintah Desa Bambangan menyelenggarakan pelatihan bagi para Kader Posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di desa. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Bambangan, Sulaiman, Senin (21/10/2024).

Pada sambutannya Sulaiman menyampaikan apresiasi terhadap komitmen para kader. Sulaiman menekankan betapa pentingnya peran Kader Posyandu dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama ibu hamil dan lansia.

Dalam suasana penuh antusias, para peserta mengikuti pelatihan yang menghadirkan pemateri dari Puskesmas Setabu, Kecamatan Sebatik Barat. Sesi pertama disampaikan oleh Sapar Yasin yang mengulas tentang manajemen Posyandu, memberikan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan posyandu yang efektif. Sesi kedua dibawakan oleh Misrawati, yang lebih menekankan pada peran strategis kader dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa.

Pelatihan ini dihadiri oleh 35 kader, yang terdiri dari kader ibu hamil dan kader lansia dari berbagai wilayah di Desa Bambangan. Para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini. Mereka berharap ilmu yang didapatkan selama pelatihan dapat diterapkan secara nyata dalam aktivitas sehari-hari di Posyandu masing-masing, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di desa.

Pelatihan ini menjadi langkah penting dalam mendukung program kesehatan di Desa Bambangan, sekaligus memperkuat peran Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat desa.

 

Sumber: Hardi, Jurnalis Desa Bambangan 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS