SIMP4TIK News - Sesuai Tata Gereja Toraja  tentang masa tugas Penatua dan Diaken, maka periode kemajelisan yang saat ini melaksanakan tugas pelayanan  di tengah Jemaat Eben Hazer Nunukan Klasis Kaltara akan segera berakhir  pada Desember 2023, oleh karena itu pada hari minggu telah dilaksanakan pemilihan majelis Penatua dan Diaken untuk  periode Pelayanan 2024-2027 dalam ibadah jemaat. (3/12).

Proses pemilihan penatua dan diaken Gereja Toraja Jemaat Eben Haezer Nunukan menurut Ketua Panitia Pemilihan Majelis Yance Tambaru, SE. M.Si, dimulai dari tahapan penjaringan bakal calon penatua dan diaken, proses ini dimulai sejak tanggal 26 Oktober 2023, selama dua minggu dilaksanakan permintaan daftar usulan nama dari setiap keluarga di semua anggota jemaat pada masing-masing kelompok dan tempat kebaktian.

Respon jemaat dalam pemilihan majelis sangat baik ini terlihat dari jumlah jemaat yang hadir dan memberikan suaranya sebanyak 300 orang dari  400 KK anggota Jemaat Gereja Toraja. Syarat Jemaat yang bisa memilih adalah jemaat yang sudah Sidi dan Baptis Dewasa, ada beberapa penyebab sehingga tidak semua jemaat dapat memilih yaitu karena ada kegiatan dan bekerja diluar Nunukan dan yang sakit. Sesuai hasil kesepakatan panitia pemilihan bahwa pemilihan dilaksanakan di Gedung gereja sehingga tidak ada jemaat yang didatangi untuk memilih,  demikian juga dengan orang tua yang belum nikah secara gereja tidak dapat bisa memilih karena belum baptis dewasa.

Pemilihan Penatua dan Diaken dibagi kedalam delapan kelompok berdasarkan kelompok  pelayanan dan tempat kebaktian, dimana ada 4 kelompok dan 4 tempat kebaktian yaitu Binusan, Pongtiku, Sedadap dan Kampung Pisang.  Jumlah calon penatua dan diaken yang diusulkan adalah sebanyak 155 orang yang kemudian  akan dipilih kembali sebanyak 90  orang.

Penetapan jumalah  diaken dan penatua yang dipilih berdasarkan dari kebutuhan masing-masing  kelompok, dan pengumuman majelis terpilih nantinya akan diumumkan dalam warta jemaat Minggu tanggal 10 Desember 2023, yang mana urutannya bukan berdasarkan jumlah  suara yang di dapatkan tetapi berdasarkan abjad nama majelis yang terpilih.  

Pimpinan majelis Gereja Toraja Venari Kurniawan Yudi, S.Th, mengucapkan terima kasih atas pemilihan majelis gereja  boleh berjalan  dengan baik dalam tuntunan dan pemeliharaan Tuhan, semoga  proses ini  boleh menghasilkan  majelis gereja yang Tuhan kenan dipakai didalam pelayanan ditengah jemaat.

"Kita percaya kuasa Tuhan telah beserta dengan kita sehingga proses pemilihan ini bisa kita jalani dengan baik,  kiranya saudara-saudara yang terpilih,  kelak boleh  dipakai secara luar biasa oleh Tuhan ditengah-tengah pelayanan bagi nama Tuhan sendiri," imbuhnya.

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom