Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan dengan Polres Nunukan teken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Untuk Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.
 
Penandatanganan NPHD oleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dan Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandya.,S.I.K.,SH.,MH dilaksanakan di Ruang Ambalat Mapolres Nunukan, Jl. Bharatu M Aldy, Kelurahan Nunukan Selatan, Kecamatan Nunukan Selasa (14/05/2024) Pukul 08.00 WITA.

 Turut hadir menyaksikan penandatangan NPHD diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Rachma Leppa, Pasi Log Kodim 0911/Nnk mewakili Dandim 0911/Nunukan, Lettu Arh Tulistiyono, Dandenpomal Lanal Nunukan mewakili Dalanal Nunukan Kapten Laut (POM) Dody Hendrawan, Kajari Nunukan Teguh Anantom,SH, Ketua KPU Kabupaten Nunukan, Rico Ardiansyah, Kepala Bakesbangpol Nunukan Hasan Basri Mursali, Kabag Pemerintahan Setkab Nunukan, Muhammad Eko Agus Romdhanny, ST, dan Mewakili Kasat Pol PP Nunukan Arbain.

Pada Pilkada 2024, Pemkab Nunukan menghibahkan Dana Pengamanan Pilkada 2024 kepada Polres Nunukan sebesar Rp7 Milyar.

Kapolres Nunukan, menjelaskan Dana yang telah dihibahkan akan digunakan dalam rangka pelaksanaan pengamanan termasuk juga akan diperuntukkan untuk TNI yang RAB nya sudah kita siapkan.

“Insha Allah dengan bantuan dana ini, kita bisa melaksanakan pengamanan Pilkada di Kabupaten Nunukan sehingga berlangsung dengan aman nyaman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan  yang akhirnya dapat kita kita harapkan akan terpilih Bupati dan Wakil Bupati Nunukan yang bisa membawa Kabupaten Nunukan lebih maju lagi,” ucap Kapolres, Selasa (14/05/2024).

“Mudah-mudahan nunukan bisa sama dengan program Indonesia maju tahun 2045, sekali lagi saya sampaikan terima kasih atas bantuan hibah dalam rangka Pengamanan Pilkada 2024 kepada Polres Nunukan,” tambah Kapolres.

Pada kesempatan yang sama Bupati Nunukan, juga menyampaikan, bahwa hari ini dilakukan penandatanganan NPHD antara Pemkab Nunukan dengan polres nunukan. hibah ini untuk menunjang proses kegiatan pengamanan kepolisian resor Nunukan dalam rangka pengamanan pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

“Ini merupakan komitmen dan keseriusan Pemkab Nunukan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 sehingga dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapannya, yang selanjutnya untuk penggunaan dan pertanggungjawaban agar dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Laura.
 

Menurut Laura, banyaknya tantangan dan dinamika di Masyarakat dengan sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting, sehingga menghasilkan langkah konkret menjaga keamanan dan ketertiban wilayah.

“Saya berharap sinergitas antara Pemda dan Polres Nunukan tetap terpelihara dengan baik. Dengan dana hibah ini, saya yakin kegiatan pengamanan akan lebih efektif dan efisien, sehingga pemilukada dapat berlangsung aman, lancar dan damai,” ungkapnya.

Laura menuturkan, hibah kepada Kepolisian Resort Nunukan ini memang telah diatur dalam Peraturan Bupati Nunukan Nomor 37 tahun 2023, dan juga jumlah penerima hibah tahun ini sudah sesuai dengan APBD Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024.

“Kami harapkan bantuan ini nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan maksud dan tujuannya,“ imbuhnya.

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom