Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M dengan mengusung tema “Peradaban Semakin Maju Keimanan Semakin Tangguh” dengan menghadirkan ustadz Al Habib Muhammad Bin Muhdhor Al Atthos, SH M Pd bertempat di Masjid Hidayaturrahman Islamic Center Nunukan, Selasa (23/1/2024).

Peristiwa isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan berbagai peristiwa simbolis. Berbagai  bentuk pengalaman yang dialami oleh Nabi Muhammad selama perjalanan dimaksudkan oleh Allah SWT untuk memperlihatkan kepada Nabi Muhammad dan kepad umatnya sebagai pengikutnya sebagian dari tanda-tanda kebesaran Allah.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dalam Sambutan menyampaikan sebagai umat islam sudah sewajarnya mengimani dan mengenal lebih dekat junjungan Nabi besar Muhammad SAW untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

“Peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW kali ini, saya mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk bersama - sama memantapkan dan menertibkan pelaksanaan shalat yaitu dengan menjalankan kewajiban shalat tepat waktu berusaha selalu menjaga kekhusu’an maupun tuma’ninah dalam shalat,” ujar Laura.

Laura juga menambahkan, selain itu tingkat ukhuwah rasa persaudaraan, kerukunan, dan kekompakan demi menatap masa depan yang lebih cerah menuju masyarakat Kabupaten Nunukan yang beriman, profesional, religius, bermartabat dan sejahtera.

Dalam ceramah agamanya, ustadz Al Habib menyampaikan kepada seluruh jamaah untuk mengikuti tabligh akbar hingga selesai, serta mengambil hikmah apa yang nantinya disampaikan.

“Semoga yang hadir hari ini, kita selalu diberikan ampunan, berkasih sayang serta Allah senantiasa tanamkan dalam jiwanya ketenangan,” kata ustadz Al Habib.

Isra’ mi’raj ini adalah memang keinginan dan kehendak Allah SWT. Para nabi dahulu pernah meminta untuk bertemu langsung dengan Allah. Justru yang tidak minta bertemu dengan Allah adalah Nabi Muhammad akan tetapi dengan kehendak Allah semua terkehendaki. Akhirnya Nabi Muhammad lah yang bertemu dengan Allah. 

Ustadz Al Habib menyampaikan sejarah singkat perjalanan Nabi Muhammad dimana Nabi Muhammad mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Ustadz Al Habib sebagai imam masjid islamic center samarinda ini juga mengatakan bahwa orang yang tidak tenang itu adalah orang yang banyk dosa, sementara orang yang tampak tenang, tidak pemarah tidak memiliki dosa.

Adakah ibu bapak yang ibadah kakinya sampai bengkak dan pecah-pecah?

Rasulullah beribadah hingga kakinya pecah dan umatnya juga umat yang istimewa yang terhindar dari segala siksaan dan dipermudahkan segalanya untuk masuk surga. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad selalu meminta kepada umatnya agar terus berselawat. Kenapa kita harus selawat kepada nabi selain melakukan perintah Allah. Karena Nabi Muhammad selalu mendoakan umatnya. 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom