Nunukan, SIMP4TIK - Bertempat di ruang pertemuan Kantor Bupati Nunukan, jajaran kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan mengikuti ramah-tamah dengan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (KaBinda) Provinsi Kalimantan Utara, Andri Murhadi, S.IP.,M.Sos, Kamis (12/09/2024).

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengucapkan selamat datang di Kabupaten Nunukan, Bumi Penekindi Debaya, kepada kepala Bin Daerah Provinsi Kaltara Andri Murhadi.

“Sungguh suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar bagi kami bisa menerima kunjungan ini. Mudah – mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kerjasama antara pemerintah Kabupaten Nunukan dan Badan Intelijen Negara, karena saya yakin hubungan yang baik diantara seluruh pemangku kepentingan merupakan modal yang sangat berharga bagi kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara yang kita cintai bersama," ucap Bupati.

Mengutip pepatah bijak Bupati mengatakan,   “Setiap pertemuan akan selalu menumbuhkan harapan. Kalimat sederhana ini mengajarkan kepada kita semua, bahwa dengan silaturahmi akan banyak sekali kebaikan dan manfaat yang bisa kita petik bersama – sama. Saya sangat berharap dengan pertemuan ini, kita bisa saling kenal, saling memberikan masukan dan saran demi kemajuan bersama," katanya.

Bupati pun menyampaikan keberadaan BIN tentunya sebagai pengumpul data dan informasi dari organisasi ataupun lembaga sangatlah penting sebagai rekomendasi kepada kepala negara.

“Dalam satu organisasi, termasuk organisasi pemerintahan, data dan informasi adalah sesuatu yang sangat penting dan mahal sekali. Dengan data dan informasi yang lengkap, jelas dan detail, kita bisa merencanakan, dan memutuskan sebuah kebijakan secara tepat dan benar.  Demikian pula sebaliknya, sebuah kebijakan yang terlihat baik kadang – kadang bisa menjadi blunder karena tidak didukung oleh data – data dan informasi yang lengkap," ungkapnya.

Dan menurut Bupati, bicara informasi dan data, terutama terkait dengan kondisi di tengah masyarakat, maka badan intelijen negara adalah suhu-nya.

“BIN adalah lembaga negara yang memiliki tugas mengumpulkan data dan informasi, mengkaji informasi tersebut, dan memberikan rekomendasi kepada Presiden untuk menyikapi setiap kondisi," jelasnya lagi.

Pada kesempatan ini Bupati juga menyampaikan, sebagai daerah perbatasan, Kabupaten Nunukan adalah rumah bagi para intelijen dari berbagai satuan. Apalagi, daerah kita memiliki tingkat kerawanan yang lumayan tinggi. 

“Saya berharap kehadiran para intelijen ini bisa semakin memperkaya informasi yang dibutuhkan oleh semua stakeholder di pemerintah, terutama untuk mendukung terciptanya suasana kondusif di tengah masyarakat," imbuhnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom