Mansalong, SIMP4TIK - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD melalui Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arief Budiman SP MSi menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Mansalon, Minggu (24/06/2024). 

Bantuan yang diserahkan berupa kebutuhan pokok sehari-hari serta tikar dengan jumlah 9 item bantuan sebagai bentuk quick respon dari Pemerintah Daerah kepada korban. 

"Saat terjadi kebakaran saya langsung mendapatkan perintah dari Ibu Bupati untuk masuk ke Mansalong sekaligus menjenguk korban kebakaran baik yang dirawat di Mansalong maupun dirawat di rumah sakit Umum Malinau," ungkap Arief Budiman kepada SIMP4TIK melalui jaringan telpon dari Mansalong. 

Bantuan diterima Kepala Desa Sanal Kecamatan Lumbis Ogong untuk korban kebakaran sebanyak 14 kepala keluarga disaksikanpejabat dari Bagian Kesra , Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Polsek Lumbis, Koramil Lumbis, Pemerintah Kec Lumbis, Lumbis Ogong, Pemadam kebakaran Lumbis. 

Adapun bantuan yang diserahkan adalah beras 20k sebanyak 14 sak, gula pasir 14 bungkus, mie instan goreng 14 dos, kopi 14 bungkus, minyak makan 14 bungkus, ikan sarden ABC besar 14 kaleng, teh 14 kotak, hygiene kit 14 bokx dan tik/matras 14 lembar. 

Bantuan itu jelas Arief Budiman diambil dari gudang BPBD yang ada di Mansalong diperuntukkan untuk 3 kepala keluarga yang terdampak bencaana kebakaran. 

"Kami berasal dari tiga instansi yaitu Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Sekretariat Daerah melalui Bagian Kesra dan BPBD melaksanakan tugas sesuai dengan Perintah Bupati serta tugas pokok dan fungsi masing-masing," tambahnya. 

Mengingat masih terbatasnya persediaan bantuan pangan maupun peralatan di Mansalong, Arief Budiman menjelaskan telah menugaskan stafnya untuk kembali membawa bantuan ke Masalong dari Gudang yang ada di Nunukan. 

"Barang2 untuk bantuan masih ada di gudang Nunukan yang merupakan bantuan dari Pemkab Nunukan dan dari  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagian kita akan drop ke Gudang  di Mansalong," katanya.

Arief berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan penderitaan bagi korban kebakaran yang menimpa warga Kecamatan Lumbis Ogong di rumah persinggahan di Mansalong. 

"Semoga bisa membantu mengurangi beban penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah di Mansalong ini," harapnya.(*)

Foto : Arief Budiman Kepala BPBD Nunukan