Nunukan, SIMP4TIK - Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan sambut Kunjungan Kerja Sabah Ekonomi Development dan Investment Authority (SEDIA) di Kabupaten Nunukan. Setelah penjemputan di Pelabuhan Tunon Taka dilanjutkan dengan makan siang dan diskusi bersama bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (30/1/2024).

Kunjungan kerja negara tetangga ini membahas peluang kerja sama antar Indonesia - Malaysia yakni daerah Kalimantan Utara dan daerah Sabah. Adapun peluang tersebut dalam bidang investasi dan pembangunan ekonomi yaitu bidang perdagangan kebutuhan barang, bidang perikanan, perkebunan dan pertanian serta pariwisata. 

Ketua delegasi SEDIA, Iwan Herwan Masrul menyampaikan tujuan kunjungan kerja ini ke Kabupaten Nunukan adalah untuk melakukan study dan kajian ekonomi.

"Tujuan kunjungan kerja kami adalah mencoba mengintegrasika atau mensinergikan ekonomi antara kedua pihak agar lebih makmur serta saling bekerjasama," ucapnya.

Iwan berharap kunjungan kerja yang dijadwalkan selama dua hari ini akan menghasilkan suatu tanda yang boleh dibawah ke sabah dan akan kembali ke nunukan lagi. 

Ditempat yang sama, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid menyatakan melalui kunjungan kerja ini diharapkan ada banyak hal yang bisa di sharing dan dikerjasamakan. 

"Sebagai saudara yang lebih muda, ijinkan kami banyak belajar dan sebagai saudara yang lebih tua mohon kerelaannya untuk berbagi ilmunya supaya kita bisa tumbuh bersama-sama," ujar Laura.

Laura mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Nunukan akan terbuka dan siap menerima dan menjalin kerja sama sepanjang mematuhi aturan dari masing-masing negara.

Di kesempatan itu, Bagian perencanaan Bappeda Litbang Provinsi Kalimantan Utara dan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan memaparkan kondisi geografis wilayah Kalimantan Utara dan Juga kondisi geografis wilayah Kabupaten Nunukan. Dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. 

Sekretaris Daerah Serfianus bertindak selaku moderator memberi kesempatan kepada para rombongan delegasi SEDIA untuk bertanya yang kemudian dijawab langsung dari masing-masing OPD terkait. 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom