SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nunukan Arief Budiman SP MAP menyerahkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana kebakaran di Kecamatan Lumbis pangsiangan beberapa waktu lalu. Penyerahan bantuan ini berlangsung pada di Posko Tanggap Darurat BPBD Mansalong Selasa (10/1). 

Bantuan diberikan berupa Sembako dan Pakaian diterima Camat Lumbis Pangsiangan Lumbis SSos disaksikan pejabat Pemerintah Kecamatan, dan masyarakat yang menjadi korban kebakaran.

"Bantuan ini merupakan wujud kepeduian Pemerintah Daerah untuk meringankan beban masyarakat atas musibah kebakaran yang menimpa masyarakat kita di Lumbis Pangsiangan," ujar Arief Budiman. 

Pada penyerahan bantuan itu Arief menyampaikan salam dari Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid disertai dengan permohonan maaf karena belum sempat hadir langsung ke Lumbis maupun ke Lumbis Pangsiangan.  

"Bupati menyampaikan salam serta perasaan duka yang mendalam atas bencana musibah kebakaran ini, masyarakat tidak sendiri, ada pemerintah yang selalu hadir untuk melayani dan mengurangi beban penderitaan masyarakat korban musibah kebakaran,” ungkap Arief Budiman.

Sebagai wujud kehadiran pemerintah atas musibah kebakaran di Lumbis Pangsiangan, kata Arief Budiman, Pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di desa Lagas dan Desa Labang.

“Dengan dasar SK Bupati ini maka sesuai dengan aturan, pemerintah dapat menggunakan dana penanggulangan bencana untuk membantu dan mengurangi beban korban bencana melalui pemberian bantuan kebutuhan dasar  dan untuk membuka  dapur umum selama 15 hari. Tanggap Darurat sudah kita terapkan sejak 30 Desember dan akan berakhir sampai dengan 13 Januari” ungkap Arief Budiman.

Aref menungkap  bantuan  disalurkan  kepada 17 KK  yang terdiri 111 jiwa korban kebakaran sementara menetap di Mansalong dalam bentuk sembako dan bahan pakaian yaitu Beras 50 kg, Mie instan 5 kk, gula 5 kg, the untuk 5 kk, kopi 5 bks, telur 3 piring, ikan asing 2 kg, bawang merah 1kg, bawang putih 1 kg, minyak goreng 5 bks, ikan sarden 10 kg.

Selain itu juga diberikan bantuan untuk pakaian antara laian pakai dalam dewasa pria dan wanita, pakaian untuk anak-anak, sarung, handuk, pakaian sekolah, sepatu sekolah sabun mandi, sampho dan pasta gigi.

Sebelumnya Pemerintah Daerah sudah memberikan bantuan yang diserahkan langsung staf BPBD di Lumbis Pangsiangan. “Sekali lagi semoga bantuan ini bisa mengurangi beban penderitaan yang dirasakan masyarakat atas musibah kebakaran ini, saya selaku Kepala BPBD menghimbau agar warga selalu waspada untuk menghadapi berbagai jenis bencana yang bisa terjadi di mana saja,” katanya.

Atas kejadian kebakaran ini, mantan Camat Sei Menggaris ini menyarankan perlu segera dibentuk tim desa Tangguh di setiap wilayah rawan bencana dan Pos Pemadam Kebakaran yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. (*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim