SIMP4TIK News - Kepala Dinas Pendidikan  (Disdik) Kabupaten Nunukan Akhmad SIP MSi menyebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024, dibuka pada tanggal 3 hingga 7 Juli 2023 mendatang.

PPDB dijadwalkan serentak di Kabupaten Nunukan, selama 5 hari tersebut, dibuka untuk peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurut Akhmad, pada PPDB tahun ajaran baru ini masih menggunakan 4 jalur seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

"Kita masih menggunakan sistem empat jalur, baik untuk SD dan SMP. Untuk SD sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, jalur zonasi ditingkat SD menurun 10 persen dan dialihkan ke jalur afirmasi," tutur Akhmad, Senin (12/6). 

Akhmad beberkan, untuk tingkat SD kouta jalur zonasi sebanyak 60 persen, sedangkan afirmasi 35 persen, dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Sementara, untuk tingkat SMP, kouta jalur zonasi 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, dan jalur prestasi 30 persen.

"Apabila nanti pada saat PPDB kuota jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua, tidak terpenuhi, akan dialihkan ke jalur zonasi," ujar Akhmad.

Meski menerapkan empat jalaur PPDB tersebut, kata Akhmad tidak berlaku bagi Sekolah yang jumlah PPDBnya kurang.

"Bagi sekolah kita yang berada di luar pulau Nunukan, tidak diwajibkan menerapkan empat jalur tersebut, jika mencukupi kuota atau kurang dari yang ditentukan yaitu 28 peserta didik untuk 1 kelas tingkat SD dan 32 peserta didik untuk SMP," ungkapnya.

Lebih lanjut, Akhmad menuturkan pendaftaran dilakukan secara online dan offline.

"Online bagi daerah yang dapat jaringan internet dan yang blank sport dapat melakukan pendaftaran secara offline, datang langsung ke sekolahnya." imbuhnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim