SIMP4TIK News - Bimbingan teknis (Bimtek) terkait Pengelolaan Arsip Statis sekaligus pengenalan aplikasi Pengelolaan Arsip Dinamis Secara Elektronik (PADSE) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan masih berlanjut, bertempat di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (23/11).

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rini Susilowati, SS., M.Hum yang merupakan Arsiparis Madya di ANRI dan menyajikan materi dengan tema “Pengantar Pengelolaan Arsip Statis dan Akuisisi Arsip Statis”.

Dalam paparannya, Rini menyampaikan bahwa arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh ANRI atau lembaga kearsipan.

Pada kesempatan ini, peserta Bimtek diperkenalkan tata cara pengelolaan arsip statis. Selama ini masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyimpan arsip statis. Dari awal telah ditegaskan bahwa arsip statis disimpan oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD). Tujuan dasar pengenalan ini adalah untuk menyamakan persepsi bahwa arsip statis wajib diserahkan ke LKD.

Tidak hanya itu, Taufiq Ismail, S.Kom yang merupakan Pranata Komputer Muda di ANRI juga membawakan materi terkait Aplikasi Pengelolaan Arsip Dinamis secara Elektronik (PADSE).

Dalam paparannya, Taufiq menyampaikan PADSE lebih efisien dan efektif dalam pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Selain itu, Taufiq juga membimbing para peserta dalam menggunakan aplikasi PADSE. Aplikasi ini memberikan banyak keuntungan, salah satunya efisiensi waktu akses. Dengan sistem penyimpanan yang terstruktur maka memberikan kemudahan dalam menemukan arsip aktif maupun inaktif secara elektronik dengan cepat dan tepat  serta menghemat waktu dan tenaga.

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom