Nunukan, SIMP4TIK - Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran calon Jemaah haji, Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nunukan melakukan kegiatan pemeriksaaan kesehatan dan kebugaran jasmani calon Jemaah haji Kabupaten Nunukan yang di laksanakan di dua tempat yaitu di lapangan Kotis Sebatik Timur, dan di Gor Sei Sembilan Nunukan, Minggu (3/3/2024).

Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik.

Jumlah total calon Jemaah haji 122 orang untuk wilayah sebatik yang hadir sebanyak 56 orang calon Jemaah haji dan calon Jemaah haji wilayah nunukan sebanyak  60 orang yang hadir sebanyak 48 orang calon Jemaah haji dengan tingkat kebugaran kurang, cukup dan baik.

Kepala bidang kesehatan masyarakat Nurmadia S.KM.M.Kes mengungkapkan, tes kebuagaran ini merupakan rangkaian pelaksanaan jemaah haji. Serta mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang telah diberikan kesempatan untuk menjadi calon jemaah haji dari Kabupaten  Nunukan tahun 2024.

“Ibadah haji adalah rangkaian ibadah yang memerlukan kesehatan, kebugaran tubuh disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah. Tes kebugaran ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan pemeriksaan kesehatan faktor risiko," jelasnya.

Adapun jemaah haji yang tidak dapat hadir di karenakan sedang berada di luar pulau nunukan dan yang tidak hadir bisa melakukan tes kebugaran secara mandiri melalui atau menggunakan aplikasi SIPGAR Kemenkes.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom