SIMP4TIK News - Islamic Center Hidayatur Rahman di Nunukan yang selama ini diketahui sering dikunjungi sebagai tempat wisata berakhir pekan oleh warga setempat atau beberapa warga kota-kota luar daerah terdekat, beberapa hari lalu menjadi istimewa karena dikunjungi oleh serombongan wisatawan dari Sabah, Malaysia.

Mengaku sebagai komunitas yang menggemari destinasi wisata religi bernuansa Islami, keinginan mengunjungi Islamic Center Hidayatur Rahman di Nunukan menurut mereka setelah memperoleh informasi tersebar diantara masyarakat di Sabah tentang kemegahan serta keindahan arsitektur bangunan masjid besar yang ada di Nunukan ini.

“Cukup lama rancangan berkunjung ke Nunukan ini kami siapkan. Akhirnya sekarang terpenuhi. Kami sudah melihat langsung bangunan Islamic Center di Nunukan yang megah ini,” kata Fitriansyah (70), warga Sabah yang beralamat tinggal di Taman Friendship, Lorong G3, Petagas, Distrik Putatan, Kota Kinabalu.

Pendapat pria yang membawa serta istrinya, Titin Sumarni serta dua orang anak dan seorang menantu pada kunjungan mereka ini, setelah melihat langsung kondisi fisik bangunan Islamic Center Hidayatur Rahman, menyatakan rasa kekagumannya.

“Kami rasa puas hati datang kesini (Nunukan). Selain jarak yang tidak terlalu jauh dari negara bagian Sabah, biaya yang dikeluarkan juga lebih jimat (hemat),” terang Fitriansyah.

Rekan seperjalanannnya, Anuar (38) juga menyampaikan kegembiraannya setelah keinginan yang sudah lama terpendam mengunjungi Islamic Center Hidayatur Rahman, akhirnya terwujud.

Menurut pria yang tinggal di Kota Tuaran, Bagian Pantai Barat Sabah Malaysia ini, keinginan mengunjungi bangunan megah Islamic Center di Nunukan ini setelah sebelumnya pernah melihat tayangan video You Tube kanal akun milik rekannya yang ada di Nunukan.

“Orang Indonesia sebut penasaran. Itu yang saya rasakan setelah melihat tayangan videonya melalui akun You Tube rekan saya di Nunukan. Setelah melihat langsung, arsitektur bangunannya memang mengagumkan,” terang Anwar yang mengajak Istrinya, Siti Norain serta kedua buah hatinya, Inara (5) dan Aiman (3) datang ke Nunukan.

Lain cerita Fitriansyah dan Anuar, lain lagi versi cerita yang disampaikan anggota rombongan wisata lainnya dari Sabah ke Nunukan ini, Hermansyah.(40).

Walau kunjungan yang sudah direncanakan ke Nunukan gagal disertai istrinya lantaran tidak memperoleh ijin cuti kerja, ternyata tidak menyurutkan niatnya untuk tetap datang dan menyaksikan langsung kemegahan Gedung Islamic Center Hidayatur Rahman bersama putranya, Arjuna (2).

“Saya banyak mendengar cerita dari orang-orang di Sabah yang sudah pernah datang dan melihat bangunan Islamic Center di Nunukan. Karena saya memang saya suka mengunjungi destinasi wisata religi,” kata Hermansyah.

Keinginannya tersebut akhirnya terwujud setelah beberapa keluarga kenalannya yang merencanakan perjalanan wisata ke Nunukan ini mengajaknya serta.

Bagaimana penilaiannya Hermansyah terhadap bangunan Islamic Center di Nunukan yang telah dia lihat langsung ini?

Hermansyah yang merupakan penduduk Kota Talipok, Sub Distrik Kota Kinabalu di wilayah Sabah, Malaysia ini bahkan menyebutkan kemegahannya setara dengan bangunan Masjid Bandaraya Kota Kinabalu yang merupakan Masjid terapung terkenal, kebanggaan warga Sabah karena merupakan salah satu kunjungan wisatawan asing di negaranya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS