Sebatik, SIMP4TIK - Dinas Kesehatan P2KB bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) beserta tim Pemberdayaan dan Kesejahtereaan Keluarga (PKK) lakukan penilaian posyandu aktif di Kecamatan Sebatik, Rabu (24/4/2024).

Dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan primer, kader diberikan pelatihan 25 keterampilan kader dasar agar posyandu melaksanakan pelayanan bagi sasaran seluruh siklus hidup dan kunjungan rumah secara terstandar. Kementerian Kesehatan bersama lintas sektor akan melaksanakan rangkaian apresiasi kader dan posyandu berprestasi bidang kesehatan tahun 2024.

Pemilihan kader dan posyandu berprestasi harus memenuhi kriteria peserta lomba dan penilaian kader dan posyandu berprestasi bidang kesehatan tahun 2024.

Untuk kriteria peserta lomba kader berprestasi bidang kesehatan tahun 2024 adalah kader yang bertugas di posyandu yang mempunyai status posyandu terdata pada microsite promosi kesehatan, telah lulus penilaian tingkat keterampilan kader sedikitnya tingkat Purwa, masa bakti pengabdian > 3 tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan SK kepala desa/Kelurahan. Partisipasi layanan hari buka posyandu sesuai dengan siklus hidup, melakukan kunjungan rumah, serta penghargaan yang di terima 2 tahun terakhir.

Untuk kriteria peserta lomba kader dengan inovasi terbaik adalah jumlah inovasi, kemanfaatan, keterbaruan, keberlanjutan, dokumentasi dua tahun terakhir tahun 2022 dan 2023, serta kemampuan dalam menyampaikan inovasi

Untuk kriteria peserta lomba posyandu berprestasi bidang kesehatan adalah minimal memiliki 5 kader, melakukan kegiatan rutin posyandu seluruh siklus hidup 1 kali dalam sebulan minimal delapan kali setahun, memberikan pelayanan kesehatan seluruh siklus hidup, memiliki surat keputusan kepala desa/lurah tentang penetapan posyandu, memiliki surat keputusan terkait pokja posyandu .

Pengiriman pemenang lomba kader posyandu berprestasi bidang kesehatan tingkat provinsi pada tanggal 28 juni 2024 dengan melampirkan format terlampir kepada direktorat promosi kesehatan dan pemberdayaan direktorat jendral kesehatan masyarakat Kementerian Kesehatan RI.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom