SIMP4TIK News – Bertempat di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Bupati Asmin Laura Hafid membuka acara coffee morning yang mengangkat tema komunikasi efektif bagi pelayanan publik di setiap perangkat daerah. Pada edisi coffee morning ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan menggandeng Dr.Moch.Aminudin Hadi, SE,S.Sos selaku narasumber utama.

Skor pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Nunukan yang dirilis oleh Ombudsman mengalami penurunan pada tahun 2021 dan 2022 lalu dibandingkan tahun 2019. Harapan Bupati dengan diadakannya pertemuan ini, skor pelayanan publik akan mengalami peningkatan di tahun 2023.

Menurut Bupati sangat penting terjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat. Ia berpesan agar seluruh jajaran Pimpinan Perangkat Daerah mengesampingkan ego sektoral yang ada agar pembangunan di Kabupaten Nunukan dapat berjalan dengan baik.

”Komunikasi efektif adalah kunci kesuksesan sebagai pemerintah dalam menjalin komunikasi antar stakeholder. Perlu bagi kita mengevaluasi gaya komunikasi selama ini. Baik itu komunikasi antar pimpinan maupun komunikasi antara pimpinan dan bawahan serta kepada masyarakat,” ujar Bupati saat memberikan sambutan, Senin (13/3).

Senada dengan Bupati, Aminudin juga menjelaskan bahwa kemampuan public speaking bagi pimpinan perlu dilatih. Bagaimana mengolah gestur, mimik wajah serta intonasi suara ketika berhadapan dengan media atau audiens. 

Lebih lanjut Aminudin memberikan contoh gerakan tangan yang memiliki banyak arti seperti dijelaskan dalam gaya komunikasi satir category. Diantaranya placater, leveler dan blamer. Sangat penting untuk memahami setiap gaya komunikasi ini, serta mengapa individu menggunakannya. 

Diskusi yang diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah ini berlangsung meriah dengan berbagai pertanyaan dan tanggapan dari audiens terkait materi dan pengalaman praktis. 

 

 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS