SIMP4TIK News - Dalam rangka menumbuhkan ekosistem digitalisasi transaksi Pemerintah Daerah melalui perluasan kanal pembayaran, Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan melalui Badan Pendapatan Daerah bersama Bank Kaltimtara melaksanakan High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) bertempat di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Rabu (6/12).

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah Serfianus, S IP MSi menyampaikan, Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah memiliki peran strategis dalam mendukung tata kelola keuangan, mendorong tata keuangan implusif dan mendorong pertumbuhan perekonomian salah satunya melalui implementasi pembayaran. 

Serfianus juga menyampaikan tujuan dilakukannya high level metting ini dalam rangka mengevaluasi program TP2DD tahun 2023 semester I. Selain itu akan dilakukan penandatanganan komitmen pernyataan P2DD dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pendapatan dan Bank Kaltimtara cabang Nunukan. 

Sementara itu, Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD mengatakan sebagai pimpinan dan OPD harus memiliki komitmen yang kuat. Tergantung kepada OPD terkait bagaimana bisa mengoptimalkan. 

“Butuh komitmen yang kuat, saya liat disini tugasnya juga sudah jelas dan pelaksanaannya masing-masing sangat jelas,” ujar Ibu tiga anak tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah, Fitraeni, S Sos juga memaparkan kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana mengoptimalkan sistem pembayaran tunai ke non tunai. Beberapa kanal - kanal pembayaran dapat dimanfaatkan untuk sistem pembayaran non tunai.

“Kita bekerjasama dengan Bank Kaltimtara sudah ada beberapa kanal yang bisa digunakn untuk pembayaran non tunai. Untuk pembayaran melalui non tunai Quick Response Indonesian Standard (QRIS) bisa di tokopedia, Shopee Pay dan Link Aja,” ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Dikatakan Fitraeni, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Nunukan sudah mulai menerapkan transaksi non tunai. Upaya, peralihan transaksi ke non tunai terus dilakukan Bapenda secara bertahap.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom