SIMP4TIK News - Perdana, Dinas Transmigrasi dan Tenagakerja (Distransnaker) Kabupaten Nunukan akan mengadakan pameran Bursa Kerja atau sering disebut Job Fair yang merupakan sarana untuk mempertemukan dan menghubungkan perusahaan atau badan usaha yang tengah mencari karyawan baru dengan para pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan. Job Fair ini dilaksanakan pada 22 November 2023 bertempat di Aula Gadis 1 (Gabungan Dinas 1) Sedadap, Nunukan Selatan.

Ketua Panitia Job Fair, Daniel Seru, SE mengatakan bahwa sejauh ini tahap persiapan pelaksanaan job fair telah di mulai pada akhir Agustus lalu sejak dikeluarkannya Surat Bupati Nunukan tentang pelaksanaan Job Fair Kabupaten Nunukan.

"Setelah dikeluarkannya Surat Bupati tersebut, tahapan yang dilakukan adalah menyampaikan surat Edaran Bupati ke perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan pada bulan Oktober lalu untuk dapat berpartisipasi dan menyampaikan lowongan pekerjaan yang tersedia di masing-masing perusahaan/ badan usaha untuk diikutkan dalam acara Job Fair," jelas Daniel.

Tim panitia Job Fair Kabupaten Nunukan yang di wakili Daniel Seru dan Joni Palentek juga telah melakukan Studi Banding atau kunjungan ke Kota Tarakan saat melaksanakan Job Fair pada bulan September lalu oleh Dinas Tenagakerja setempat, untuk melihat secara langsung dan mendapatkan pengetahuan serta referensi tentang pelaksanaan Job Fair yang juga akan dilaksanakan di Nunukan. Kota Tarakan merupakan kota terdekat yang juga telah mengadakan Job Fair secara rutin selama beberapa tahun terakhir.

Daniel Seru juga menyampaikan hingga hari ini (17/11) sudah terdapat 11 perusahaan / badan usaha yang akan berpartisasi dan telah menyampaikan info lowongan pekerjaan dan kualifikasi pelamar pekerjaan yang akan diterima. Dari 11 perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan kelapa sawit, perusahaan subcont pertambangan, perbankan, serta dealer mobil dan motor.

“Adapun total lowongan pekerjaan yang diterima dari 11 perusahaan tersebut sebanyak 361 lowongan pekerjaan, yang terdiri dari jenis lowongan pekerjaan skill dan non skill. Jenis lowongan pekerjaan skill salah satunya seperti mekanik, operator alat berat, driver, security, asisten lab, administrasi perkantoran dan marketing. Untuk jenis pekerjaan non skill terdiri dari pekerjaan pemanen, tenaga bongkar muat, dan tenaga semprot jalur panen untuk perusahaan kelapa sawit," tambahnya.

Pencari kerja atau pelamar pekerjaan yang akan mengikuti Job Fair dihimbau sudah menyiapkan persyaratan lamaran pekerjaan salah satunya Kartu Pencari Kerja / AK1 (kartu kuning) yang dibuat di Dinas Transmigrasi dan Tenagakerja Kabupaten Nunukan sebagai salah satu persayaratan yang diperlukan dalam melamar pekerjaan. 

Pihaknya pun berharap agar Job Fair ini akan menjadi kegiatan yang bermanfaat terutama untuk masyarakat yang sedang mencari kerja dan juga membantu perusahaan / badan usaha yang ingin melakukan perekrutan karyawan baru, sehingga harapannya dapat membantu mengurangi pengangguran di wilayah Kabupaten Nunukan.

Teks/Foto : Dewi Asrieyani, S.IP (Tim Publikasi DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom