SIMP4TIK  News –  Peringatan Hari Batik Nasional  tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan yang di peringati setiap tanggal 2 Oktober, tahun ini  jatuh pada hari Senin, sehingga dalam Apel rutin yang dilaksankan setiap hari senin di halaman  Gabungan Dinas (Gadis) 1 nampak berbeda dari hari sebelumnya, dimana semua peserta apel yang terdiri dari pegawai baik AS dan honorer   mengenakan baju batik Lulantatibu, Senin (2/10).

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober berdasarkan penetapan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tahun 2009 oleh UNESCO.   Kemudian Pemerintah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapkan Hari Batik Nasional dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

Peringatan hari batik di Kabupaten Nunukan  sesuai arahan Bupati Nunukan semua pegawai mengenakan batik khas Kabupaten Nunukan yang dikenal dengan nama “Lulantatibu”.

Corak batik lulantatibu merupakan penggabungan dari empat suku Dayak yang ada di Kabupaten Nunukan  yaitu dayak lundayeh, Dayak Tagalan, Dayak Tahoi dan Tidung Bulungan.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nunukan Sabri, ST.M.SI yang ditemui seusai mengikuti Apel Peringatan Hari Batik di Kantor Bupati  mengatakan kami selaku instansi pembina pelaku-pelaku industry batik di Nunukan mengucapkan “ Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2023” terutama kepada Pengrajin-pengrajin Batik yang ada di Kabupaten Nunukan.

“Terus Tingkatkan Produktivitas dan tetap memperhatikan keekonomian dari hasil produksi kita, bangga dengan batik Lulantatibu Bangga Buatan Indonesia ujarnya. 

Teks/Foto : Yuliana, SP,M.AP (Tim Publikasi DINAS KOPERASI USAHA KECIL, DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom