Nunukan, SIMP4TIK - Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May Day yang diperingati setiap 1 Mei merupakan momentum untuk mengingatkan kita tentang sejarah panjang kaum buruh dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Pada tahun ini peringatan hari buruh di selenggarakan oleh Serikat Pekerja PK F-Hukatan KSBSI di lingkungan perusahaan PT. Sebakis Inti Lestari (PT. SIL) - PT. Sebuku Inti Plantation (PT. SIP) di Sebakis Kecamatan Sebuku, Rabu pagi (01/05/2024).

Peringatan hari buruh yang diselenggarakan serikat pekerja PK F-Hukatan KSBSI PT. SIL - PT. SIP berlangsung cukup meriah dan diikuti oleh banyak peserta yang merupakan pekerja PT. SIL - PT. SIP dan juga anggota keluarganya.

“Acara hari buruh ini kita isi dengan suasana yang damai dan acara yang sederhana seperti melaksanakan jalan santai, dan juga mungkin berbeda dari wilayah lain yang banyak mengisi acara hari buruh dengan aksi demo," tutur Maksimus Ketua PK F-Hukatan KSBSI PT.SIL.

Lanjut kata Maksimus acara hari buruh yang diselenggarakan ini disiapkan cukup singkat yaitu sekitar dua minggu, dengan mengumpulkan dana dari proposal kegiatan yang disampaikan ke beberapa instansi.

Dalam sambutannya Maksimus juga kembali meminta kepada pihak perusahaan PT. SIL - PT. SIP agar dapat memperhatikan hak-hak buruh yang belum terpenuhi terutama dalam hal pemenuhan fasilitas kesejahteraan pekerja yang dianggap belum layak.

Pada kesempatan ini turut hadir pula Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nunukan beserta rombongannya, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Nunukan, serta aparat Kepolisian wilayah Sebakis Kecamatan Sebuku.

Pada sambutan Bupati Nunukan yang diwakili Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nunukan Masniadi, S.Hut, M.A.P menyampaikan apresiasinya kepada para pekerja yang telah memberikan kontribusi nyata dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat, dan juga berpesan agar para pekerja dapat mempersiapkan diri terhadap tantangan dunia kerja yang dihadapi di era digitalisasi sekarang ini.

Masniadi juga mengungkapkan rencananya untuk melakukan kunjungan ke kantor pusat PT. SIL - PT. SIP di Jakarta untuk dapat bertemu langsung dengan pimpinan perusahaan guna membahas permasalahan pemenuhan fasilitas bagi pekerja di PT. SIL - PT. SIP

Dalam acara ini Kepala kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Nunukan juga melakukan penyerahan sertifikat kepesertaan BPJS Kesehatan kepada manajemen PT. SIL - PT. SIP yang menandakan pihak perusahaan telah mengikutsertakan seluruh pekerjanya beserta keluarga pekerja kedalam progaram BPJS kesehatan.

Acara peringatan hari buruh ini ditutup dengan pembagian hadiah door prize bagi peserta yang telah mendapatkan kupon undian yang telah disiapkan panitia acara dan disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Teks/Foto : Dewi Asrieyani, S.IP (Tim Publikasi DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom