SIMP4TIK News – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan menggelar Talkshow dengan tema Nasional di ruang Media Center Rumah Sakit, Jumat pagi (10/11).

Hal tersebut mengusung tema dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) pada peringatan HKN ke-59 yakni "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Selaku Direktur RSUD Nunukan, Dulman mengungkapkan bahwa kegiatan talkshow merupakan salah satu dari beberapa agenda yang akan digelar dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional.

“Untuk menyongsong HKN ke-59 kita gelar talkshow ya terkait kesehatan dan sebagainya dan ini merupakan salah satu kegiatan yang akan banyak kita lakukan kedepannya dalam rangka hari kesehatan nasional,” tutur Dulman.

Selanjutnya dr. Dulman mengatakan bahwa transformasi kesehatan memiliki 6 pilar dan merupakan hal yang sangat penting guna mengantisipasi ancaman kesehatan kedepannya

“Tujuan utama dengan tema transformasi kesehatan itu sangat penting yakni bagaimana nanti kedepannya ancaman kesehatan itu bisa kita antisipasi dengan 6 pilar kesehatan diantaranya SDM, Rujukan, Pelayanan Tingkat Primer, Pembiayaan Kesehatan dan Sarana serta Prasarana,” lanjutnya.

Lalu, dokter spesialis kandungan tersebut berharap masyarakat dapat melakukan pencegahan terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

“Sistem yang kita pakai dalam kesehatan promotif, preventif, akuratif dan rehabilitasi jadi sebelum terkena penyakit kita harus cegah, jadi harapannya masyarakat dapat mencegah hal yang tidak baik dan dapat menimbulkan masalah kesehatan pada kita,” ungkap Dulman.

Adapun sebelumnya RSUD Nunukan telah melakukan kegiatan senam sehat bersama seluruh staf dan karyawan dalam rangka memperingati HKN ke-59.

Terlihat hadir sebagai narasumber yakni Direktur RSUD Nunukan, dr. Dulman L, M.Kes.,Sp.OG, Kepala Bidang Humas RSUD Nunukan, Hj. Dessy, Syahdiana, S.Si., Apt, dan bertindak sebagai host, dr. Sofyan.

Teks/Foto : dr Sofyan Effendy, M.Kes (Tim Publikasi RSUD NUNUKAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom