Nunukan, SIMP4TIK – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan melaksanakan MoU dengan pihak manajemen MAF guna memfasilitasi transportasi untuk wilayah Puskesmas yang terdapat di wilayah yang terpencil dan sangat terpencil di Kabupaten Nunukan. Mou dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kesehatan P2KB pada Rabu, (10/1/2024).

Wilayah Krayan adalah wilayah terpencil yang ada di Kabupaten Nunukan dan hanya bisa di akses menggunakan transportasi udara. Kondisi yang seperti ini membuat masyarakat di wilayah Krayan kesulitan dalam merujuk pasien ke rumah sakit karna transportasi yang terbatas.

Hal ini menjadi concern Dinas Kesehatan P2KB untuk melakukan kerja sama dengan manajemen MAF agar di daerah Krayan terlayani dengan cepat terkait pelayanan kesehatan terutama proses rujukan.

Wilayah Krayan Selatan khususnya hanya memiliki fasilitas pelayanan kesehatan primer, tidak ada pelayanan rumah sakit. Apabila ada kejadian yang urgent pasien bisa langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Makanya kita ada MoU dengan pilotnya MAF untuk memfasilitasi transportasi yang emergency secara cepat. Begitu juga dengan distribusi obat. Sulitnya transportasi ke wilayah Krayan, kita bisa menggunakan MAF untuk membantu masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan dengan lebih cepat,“ ujar Kepala Dinkes P2KB Miskia, S.Si.Apt.

Rapat ini dihadiri oleh Miskia selaku kepala dinas, Sabaruddin selaku sekertaris, Nurmadia selaku kepala bidang kesehatan masyarakat, dan pihak managemen MAF beserta pilot.

Teks/Foto : Putri Sartika Dewi Permata Sari (Tim Publikasi DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA BERENCANA )

Editor : Asa Zumara, SS