SIMP4TIK News - Menjelang Pesta demokrasi Pemilihan Umum serentak (Pemilu) tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan Pembaharuan titik APK Se - Kabupaten Nunukan Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menempatkan titik pemasangan baliho, atribut Partai Politik Peserta Pemilu serentak Tahun 2024 di wilayah daerah pemilihan di Kabupaten Nunukan.

Kabid Politik dalam negeri, Pemberdayaan, Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan Abdul Salam, S.Sos mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Pembaharuan titik APK se - Kabupaten Nunukan tahun 2023 telah kita laksanakan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Namun dalam hal ini masih ada beberapa daerah pemilihan yang belum dilaksanakan Pembaharuan titik APK yang di sebabkan oleh beberapa faktor.

Namun dapat kami sampaikan beberapa daerah pemilihan di wilayah Kabupaten Nunukan yang sudah dilakukan Pembaharuan titik APK tahun 2023 Kecamatan sebatik ada 11 titik, Sebatik Barat ada 16 titik, Sebatik Tengah ada 12 titik, Sebatik Utara ada 9 titik yang dilaksanakan pada bulan Februari 2023, untuk daerah pemilihan Nunukan yang terdiri dari 2 kecamatan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 yang masing - masing Nunukan ada ada 18 titik dan Nunukan selatan ada 16 titik.

Di Kecamatan Sei Menggaris ada 12 titik yang di laksanakan pembaharuan Titik APK pada 24 -27 Mei 2023, di kecamatan Sebuku ada 12 titik, Tulin Onsoi ada 8 titik, Sembakung ada 7 titik, Sembakung Atulai ada 7 titik, Lumbis ada 9 titik dan lumbis Ogong ada 6 titik Apk. Lebih lanjut kami sampaikan bahwa masih ada 7 kecamatan yang belum dilakukan Pembaharuan titik APK tahun 2023 diantaranya Kecamatan Lumbis Hulu, Lumbis pansiangan, Krayan, krayan selatan, Krayan Barat, Krayan tengah dan krayan Timur dan apabila pelaksanaan kegiatan pembaharuan Titik APK tahun 2023 sudah di laksanakan selanjutnya akan kami sampaikan kepada KPU untuk di tetapkan.

Tahapan selanjutnya setelah pelaksanaan kegiatan pemharuan titik APK Tahun 2023, Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Nunukan akan melaksanakan kegiatan Pendidikan Politik di wilayah kecamatan dalam rangka untuk peningkatan jumlah partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2024, yang nantinya Bakesbangpol Nunukan bekerjasama dengan instansi KPU, Bawaslu, Polres Nunukan sebagai Narasumber dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan Politik tersebut.

Harapan pada pemilu serentak  tahun 2024 diharapkan damai, santun dan berintegritas serta partisipasi masyarakat yang lebih meningkat.(*)

Teks/Foto : Bambang Sulistyono, S.IP (Tim Publikasi BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom