Nunukan, SIMP4TIK – Untuk pertama kalinya Dewan Pengurus (DP) KORPRI Kabupaten Nunukan menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) KORPRI Tingkat Kabupaten Nunukan, acara pembukaan yang dilaksanakan di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan, yang di buka Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah, SE, M. Si, Sabtu (14/09/2024).

Pada lomba MTQ Korpri mengusung tema "ASN Unggul, Cerdas, Mulia, dan Berakhlakul Karimah" tersebut merupakan para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Sekretaris KORPRI Kabupaten Nunukan, yang juga Kepala BKPSDM Kabupaten Nunukan, H. Sura’i, menyebut tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan Syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar anggota KORPRI dan melestarikan seni dan budaya Qur'ani di kalangan selaku anggota KORPRI Birokrasi.

“Maksudnya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-qur'an menuju birokrasi yang bersih dan bermartabat, dan meningkatkan silatuhrahmi antar anggota KORPRI,” ucap Sura’i.

Sura’i menyebut jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 32 orang dari OPD dan Instansi di Lingkungan Pemkab Nunukan, yang akan mengikuti 8 cabang lomba.

Adapun cabang lombanya adalah sebagai berikut, cabang Dakwah Al-Quran diikuti 4 orang, cabang Hifzh (Hafalan) Al-Qur'an, golongan hafalan 7 surah pilihan diikuti 1orang, cabang Hifzh (hafalan) Al-Qur'an golongan hafalan juz 30 (juz amma) diikuti 5 orang, cabang Khath (kaligrafi) Al-Qur'an, golongan kaligrafi dekorasi diikuti 5 orang, cabang lomba Adzan diikuti 3 orang, cabang Makalah Ilmiah Al-Qur'an (MIQ) diikuti 2 orang, cabang tartil Al-Qur'an diikuti 9 orang, dan cabang Tilawah Al-Qur'an diikuti 3.

“Setiap tahun pada tingkat Nasional kegiatan ini dilaksanakan, hanya saja untuk Kabupaten Nunukan kurang lebih 9 tahun tidak melaksanakan, lomba secara terbuka di tingkat Kabupaten seperti hari ini, namun kita selalu mengirimkan perwakilan kita ke Tingkat Provinsi dan alhamdulilah Nunukan selalu lolos ke tingkat Nasional mewakili Kaltara, dan ini merupakan kali pertama dan terbuka kita buka dan laksanakan, dan melalui kegiatan ini kita akan mendapatkan Qori dan Qoriah yang nantinya akan mewakili Kabupaten Nunukan ke Tingkat Provinsi,” ujarnya

Menurut Sura’i kegiatan ini mendapatkan dukungan dari beberapa instansi dan lembaga diantarnya Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan, Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan, Prokompim, Diskominfotik serta Baznas Kabupaten Nunukan.

“Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dana LPTQ yang ada di Bagian Kesra, Bagian Umum dan Perlengkapan untuk makan dan minumnya, dari Diskominfo yang mensupport dan menyediakan spanduk sebagai alat publikasi dan bantuan dana dari Baznas,” imbuhnya.(*)

 

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom